Diduga Tidak Sesuai SOP, PWI Madina Kecam Penangkapan Wartawan Di Tapteng

Share it:
TEKS FOTO: Ketua PWI Madina Sarmin Harahap. *hariancentral.com-Ist

MADINA-hariancentral.com: Terkait penangkapan salah seorang Wartawan terbitan Sibolga insial BEL oleh Polres Tapanuli Tengah (Tapteng) yang terkesan dipaksakan, mendapat sorotan dari Wartawan di Kabupaten Mandailing Natal.

Seperti yang disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sarmin Harahap, Kamis (14/9) mengecam tindakan Polres Tapteng.

Kita mendapat informasi bahwa prosesi penangkapan salah satu wartawan Tapteng yang diduga adanya kriminalisasi terhadap profesi wartawan.

Seharusnya dalam kasus ini aparat Kepolisian benar-benar profesional, adil dan tidak memihak dalam menjalankan tugasnya untuk menegakkan supremasi hukum serta harus sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Dari pengakuan rekan-rekan media di Tapteng, penangkapan rekan BEL masih penuh tanda tanya, soalnya langsung dilakukan penangkapan dan penahanan.

Kita dari rekan-rekan media Madina meminta kepada Kapoldasu, Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw MH agar melakukan penyelidikan terkait dasar penahanan oknum Wartawan yang kita duga penuh tanda tanya dan terkesan ada kriminalisasi atau diduga ada pesanan.

Kapoldasu juga harus menyelidiki apa sebab dan musabab terjadinya kasus ini. "Sebab kita mendapat kabar, dalam permasalahan ini ada sangkut pautnya dengan oknum kepala SKPD di Tapteng terkait masalah pemberitaan dan berujung kepada ditahannya rekan BEL tersebut," ungkapnya

Kemudian tambah Sarmin yang sudah dua periode menjabat sebagai Ketua PWI Madina ini, kita meminta kepada Indonesia Police Watch (IPW) dan Ombudsman agar turut serta melakukan pemantauan jalannya proses hukum terkait penahanan wartawan Tapteng ini, demi tegaknya supremasi hukum yang hakiki.

Kepada rekan-rekan Media yang ada di Sumatera Utara maupun seluruh Indonesia ayo, kita berikan support kepada rekan kita BEL yang saat berada di Polres Tapteng, kita harus bersatu jangan ada rekan kita dikriminalisasi gara-gara pemberitaan, karena hal ini salah satunya yang ingin menjatuhkan wibawa Wartawan," tegasnya. *MSP



Share it:

daerah

Jurnalis

Polri

Post A Comment:

0 comments:

Konsul Muda Jepang Sambangi Sergai, Harap Kerjasama Terus Berkesinambungan

TEKS FOTO: Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman dan Kepala OPD tengah mangulo...