Dewan Kesenian Kota Medan Dorong Pemko Medan Fungsikan Gedung Tua Bersejarah

Share it:
MEDAN-hariancentral.com: Ketua Dewan Kesenian Kota Medan, Rainto Ahgly (Anto Genk) mengatakan keprihatinannya terhadap gedung-gedung tua bersejarah yang banyak terdapat di Kota Medan. Dimana, gedung-gedung tua bersejarah tersebut masih ada yang belum diperhatikan dan terlihat usang.

“Kami melihat ini sebagai prospek kedepan yang sangat bernilai untuk dijadikan salah satu daya tarik pariwisata dan kebudayaan di Kota Medan. Namun disayangkan, masih ada gedung-gedung tua bersejarah peninggalan Belanda yang tidak terurus dan terkesan dibiarkan,” ucap Rianto Ahgly yang biasa disapa Anto Genk, Selasa (12/9).

Untuk itu, Dewan Kesenian Kota Medan, mendorong Pemerintah Kota Medan untuk mengambil alih bangunan-bangunan tua dan bersejarah untuk dijadikan ruang publik seperti Kantor Dinas Kebudayaan ataupun Kantor Kesenian Medan sehingga lebih bermanfaat.

“Keberadaan gedung-gedung tua bersejarah tersebut jika dimanfaatkan dengan baik, dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi Pemko Medan khususnya warga Kota Medan. Di gedung tersebut, bisa saja ditempatkan logo Ikon Kota Medan,” terangnya.

Ketua Dewan Kesenian Kota Medan ini mencontohkan, salah satunya gedung tua yang terdapat di jalan Ahmad Yani 7, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat. Ditempat tersebut ada terdapat gedung tua berarsitektur Jerman. Konon bangunan bersejarah tersebut merupakan supermarket pertama di Kota Medan yang dibangun oleh Waren Huis asal Jerman, dan memiliki terowongan bawah tanah yang masih menjadi misteri sampai sekarang.


“Saat ini kondisi bangunan itu sangat tidak terurus dan terlihat usang. Kita berharap bangunan ini dapat dikelola oleh Pemko Medan untuk dijadikan sebagai tempat yang dapat bermanfaat bagi peningkatan Kebudayaan di Kota Medan, bisa saja dijadikan tempat ruang bacaan, atau perpustakaan, ruang kesenian Medan atau bisa saja menjadi Kantor Dinas Kebudayaan Kota Medan,” pungkasnya. *CAG
Share it:

Medan

Pemko Medan

Post A Comment:

0 comments:

Konsul Muda Jepang Sambangi Sergai, Harap Kerjasama Terus Berkesinambungan

TEKS FOTO: Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman dan Kepala OPD tengah mangulo...