Vonis Bebas Terdakwa Pembunuhan, Warga Aek Lung Unjuk Rasa Di PN Doloksanggul

Share it:



TEKS FOTO: Kapolres Humbahas, AKBP Nicolas Ary Lilipaly didampingi Kasi Pidum Bona TP Siregar SH dan Panitera Pengadilan Negeri Tarutung, memberikan penjelasan kepada pengunjuk rasa, Kamis (3/8). *hariancentral.com-Charles Siambaton

DOLOKSANGGUL-hariancentral.com: Pasca vonis bebas terdakwa Mangasa Sibarani (39), terkait pembunuhan Aldi Sibarani (10) yang merupakan anak kandung sendiri, ratusan warga Desa Aek Lung Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan gelar aksi unjuk rasa di depan kantor Pengadilan Negeri Tarutung di Doloksanggul Kamis (3/8), dibawah pengawasan ketat dari Polres Humbahas.

Warga tak terima vonis bebas yang dijatuhkan Ketua Majelis Sarma Siregar SH MH, yang juga sebagai Ketua Pengadilan Negeri Tarutung, mereka menuntut keadilan atas putusan tersebut yang membebaskan terdakwa Mangasa Sibarani (39) selaku pembunuh anak kandungnya yang di vonis (17/7), dimana sebelumnya Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Humbahas menuntut Mangasa Sibarani 20 tahun penjara denda 50 juta subsider 6 bulan.

Robet Simamora selaku kordinator aksi mengatakan agar mereka dapat bertemu dengan Majelis Hakim yang memimpin persidangan tersebut guna menjelaskan, kenapa Mangasa Sibarani yang sudah mengakui sebaga pembunuh Aldi saat rekonstrusi dan keterangan adik korban yang mengatakan bahwa ia melihat bapaknya membunuh abangnya Aldi Sibarani?, namun sangat disayangkan tidak satu orangpun Majelis Hakim yang hadir. Menurut keterangan dari pihak Pengadilan bahwa seluruh Majalis Hakim sedang berada di Medan untuk mengikuti acara serah terima ketua Pengadilan Negeri Tarutung.

Kapolres Humbahas, AKBP Nicolas Ary Lilpaly, dihadapan para pengunjukrasa mengatakan, 100 % pelaku pembunuhan terhadap anak kita Aldi Sibarani adalah Mangasa Sibarani sesuai dengan pengakuan terdakwa saat pemeriksaan, hasil rekonstruksi, keterangan saksi dan VER, namun kami dari pihak Kepolisian tidak dapat mengomentari putusan Pengadilan.

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Humbahas, Bona TP Siregar SH, saat memberikan penjelasan kepada pengunjuk rasa mengatakan bahwa kami juga merasa kecewa dengan vonis tersebut, namun kami telah mengajukan kasasi dan saat ini sedang menyusun memori kasasi, agar nantinya Hakim di Mahkamah Agung dapat memutuskan yang seadil adilnya.

Sebelum aksi bubar kordinator unjukrasa menyampaikan bahwa mereka akan hadir kembali minggu depan melakukan aksi yang sama, kami mengharapkan dapat diterima Majelis Hakim dan kalau kami tidak diterima, sampai kepusatpun kami akan melakukan aksi. "Atas permintaan tersebut Kapolres Humbahas mengatakan akan mempasilitasi, maka 3 hari sebelum aksi agar membuat surat pemberitahuan agar kami dapat berkoordinasi dengan Ketua Pengadilan Negeri Tarutung," ujar Nicolas. *CHA


Share it:

daerah

Hukum

Kriminal

Post A Comment:

0 comments:

Konsul Muda Jepang Sambangi Sergai, Harap Kerjasama Terus Berkesinambungan

TEKS FOTO: Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman dan Kepala OPD tengah mangulo...