PKK Latih Kader Sudut Baca Posyandu Dan Bank Sampah

Share it:
TEKS FOTO: Wakil Ketua TP PKK Kota Binjai Hj Nani Timbas Tarigan menyerahkan bantuan buku untuk sudut baca posyandu. *hariancentral.com-Ist

BINJAI-hariancentral.com: Untuk meningkatkan mutu sudut baca posyandu, Tim Penggerak PKK Kota Binjai menggelar pelatihan untuk para kader sudut baca posyandu, di Gedung Diklat BKD Kota Binjai, Selasa (29/8).

Wakil ketua I TP PKK Kota Binjai Hj Nani Timbas Tarigan mengatakan pelatihan bertujuan untuk membudayakan kegemaran membaca pada masyarakat melalui penyediaaan sarana perpustakaan di tempat umum yang mudah dijangkau, murah dan bermutu.

Dengan kegiatan ini, Nani Timbas mengharapkan agar ibu-ibu yang datang ke posyandu dapat bertambah pengetahuannya dengan membaca buku yang tersedia di posyandu, baik buku tentang kesehatan anak, kesehatan keluarga , aneka resep masakan, dan lainnya.
“Selain itu ibu-ibu dapat mengenalkan bahan bacaan sejak dini kepada anaknya, dengan harapan agar membaca menjadi budaya," kata Nani Timbas.

Selain pelatihan kader sudut baca Posyandu, TP-PKK Kota Binjai juga mengadakan pelatihan pemanfaatan bank sampah, berlangsung di Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai. Kegiatan diikuti peserta perwakilan TP-PKK Kelurahan se Kota Binjai menghadirkan narasumber Iskandar dan Ali Muryati.

Pada pelatihan ini, peserta diajak untuk memanfaatkan sampah organik hasil limbah rumah tangga seperti sisa sayur-sayuran, buah-buahan busuk diolah menjadi pupuk kompos takura. Ada pula kertas koran dan majalah tak terpakai diubah menjadi sebuah hasil karya yang memiliki nilai jual.

Ali Muryati menyatakan dari limbah Koran bekas bisa menghasilkan karya seni bernilai jual tinggi. Dalam satuh pameran ada sebuah guci dari koran bekas yang dijual dengan harga Rp300.000.
“Hal ini memberikan motivasi untuk mengajak ibu-ibu rumah tangga bagaimana cara menghasilkan pendapatan tambahan dari limbah rumah tangga," kata Ali Muryati. *ERW


Share it:

daerah

Motivasi

Pemko

Post A Comment:

0 comments:

Iklan Layanan Masyarakat

MEDAN-hariancentral,com