Kodim 0824 Kawal dan Sukseskan Imunisasi Measles Rubella Sehatkan Generasi Bangsa

Share it:




JEMBER-hariancentral.com: Bertempat diberbagai posyandu maupun Puskesmas dan sekolah-sekolah diseluruh wilayah jajaran Kodim 0824 Jember sejak beberapa minggu yang lalu telah dilaksanakan pemberian imunisasi measles rubella (MR) kepada anak-anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun.

Seperti yang dilakukan pada hari Selasa 02/08/2017 Babinsa Desa Sumberjambe Kec Sumberjambe melaksanakan Pendampingan pemberan imunisasi di Puskesmas Sumberjambe, Babinsa Desa Panduman Kec Jelbuk melaksanakan pendampingan pemberian imunisasi MR yang bertempat di Balai Desa.

Babinsa Lengkong melaksanakan pendampingan pemberian imunisasi MR di SDN 4 Lengkong Kec Mumbulsari, dan Babinsa Karang Kedawung melaksanakan pendampingan imunisasi MR di Posyandu Ds Karangkedawung Kec Mumbulsari dan Babinsa Desa Karang Anyar Ambulu melaksanakan pendampingan imunisasi MR di SDN 1 Karanganyar Kec Ambulu.

Seperti yang dirilis diberbagai media pada 19/07/2017 pernyataan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan M Subuh yang mengatakan bahwa program imunisasi MR ini akan diberikan pada anak-anak usia 9 bulan sampai 15 tahun tanpa terkecuali. Untuk tahap pertama, ditargetkan sebanyak 34,9 juta anak-anak di Pulau Jawa akan disuntik vaksin MR. Adapun 31 juta anak-anak lainnya di luar Jawa akan divaksin pada Agustus-September 2018.

Lebih Lanjut M Subuh menyatakan bahwa Vaksin MR dberikan untuk mencegah penyakit campak dan rubella. Ini merupakan penyakit infeksi yang menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus. Campak dapat menyebabkan komplikasi serius seperti diare, radang paru, radang otak, kebutaan, bahkan kematian.

Ditegaskan pula bahwa Vaksin yang digunakan telah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Vaksin MR 95% efektif untuk mencegah penyakit Campak dan Rubella dan diperkuat Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No. 4 Tahun 2016 dijelaskan bahwa imunisasi pada dasarnya dibolehkan (mubah) sebagai bentuk ikhtiar.

Menyikapi kegiatan anggotanya tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto dalam konfirmasinya membenarkan adanya pendampingan dari anggotanya dalam pemberian imunisasi measles rubella bagi anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun.

"Hal tersebut merupakan program pemerintah melalui Kementrian Kesehatan yang harus kita sukseskan, dalam rangka mewujudkan generasi kita menjadi generasi bangsa yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti komplikasi, diare, radang paru, radang otak, kebutaan dan lain-lain bahkan mengakibatkan kematian," tegas Letkol Inf Rudianto.

Lebih lanjut Letkol Inf Rudianto menjelaskan bahwa pada pelaksanaannya memang ada saja masyarakat yang kurang paham sehingga perlu diberikan pemahaman oleh petugas dari Puskesmas dan disitulah peran Babinsa untuk turut memberikan penjelasan terkait pentingnya imunisasi measles rubella tersebut. *SIS24


Share it:

daerah

kesehatan

TNI

Post A Comment:

0 comments:

Iklan Layanan Masyarakat

MEDAN-hariancentral,com