Skip to main content

PP Muhammadiyah Lepas KKN Internasional Mahasiswa UMSU

TEKS FOTO: PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti MPd Phd Lepas 81 mahasiswa FAI KKN Internasional. *hariancentral.com-Ist

MEDAN-hariancentral.com: Pimpinan Pusat Muhammadiyah melepas sebanyak 81 mahasiswa Fakultas Agama Islam mengikuti pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata internasional ke Krabi, Thailand serta Palembang dan Medan.

Acara pelepasan dilakukan oleh Sekertaris Majelis Dikti Litbang Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Muhammad Sayuti MPd Med PhD di halaman kampus UMSU, Jalan Mukhtar Basri, Medan, Senin (24/7). Dari sebanyak 81 mahasiswa yang mengikuti KKN, 42 diantaranya ke Krabi, Thailand dan 5 mahasiswa ke Palembang, Sumsel serta 34 mahasiswa ke Langkat.

Hadir dalam acara tersebut, Rektor UMSU, Dr Agussani MAP didampingi Wakil Rektor (WR) I Dr M Arifin Gultom SH MHum, WR II Akrim SPdI MPd dan WR III Dr Rudianto SSos MSi beserta Sekertaris Universitas, Gunawan SAg MTh dan Dekan FAI UMSU, Dr Muhammad Qorib MA.

Sekertaris Majelis Dikti Litbang Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Muhammad Sayuti MPd Med PhD pada kesempatan itu menyatakan bahwa kini UMSU telah menjadi bagian dari internasionalisasi Muhammadiyah.

"Dengan dilaksanakannya KKN Internasional ini secara tidak langsung UMSU telah memperkenalkan Muhammadiyah ke dunia. Untuk para mahasiswa yang berangkat, luruskan niat kalau kegiatan ini juga untuk menyebarkan agama Allah," ujar Sayuti.

Lanjutnya, ilmu yang didapatkan para mahasiswa di UMSU harus dapat diaplikasikan ke dunia luar dan PP Muhammadiyah menyambut baik kegiatan tersebut.

"Kita berterimakasih kepada pimpinan di UMSU yang telah mengapresiasi kegiatan ini dan semoga ini menjadi berkah bagi UMSU. Kepada para mahasiswa yang berangkat, ini momentum penting bagi hidup anda, untuk bagaimana melatih anda bahwa dakwah islam itu sangat menantang. Sampaikan islam kemanapun anda berada, termasuk gagasan Muhammadiyah. Islam tersebar karena kita mau keluar. Jangan dianggap beban tetapi anggap peluang," ungkap Muhammad Sayuti.

Rektor UMSU, Dr Agussani MAP dalam acara itu mengapresiasi jajaran pimpinan FAI yang telah menyusun kalender akademik dengan baik, sehingga program ini bisa diagendakan dengan baik pula.

Menurutnya, program KKN Internasional sebenarnya sudah lama dilakukan PTM di pulau jawa dan sebagian PTM di luar Jawa. "Alhamdulillah tahun ini UMSU diberi kepercayaan. Dengan adanya Kantor Urusan Internasional (KUI) UMSU bertekad untuk meningkatkan program-program seperti ini," ujarnya.

Rektor juga berharap para mahasiswa yang berangkat bisa menjadi duta bangsa dan Sumut.

"Jaga kesehatan, jagalah nama baik almamater dan timbalah pengalaman dari kegiatan tersebut, sehingga bisa menambah wawasan yang kelak bisa diterapkan di tengah-tengah masyarakat," pesannya.

KKN Internasional

KKN internasional sendiri menurut Rektor UMSU merupakan satu upaya untuk memberikan pelajaran sekaligus menimba pengalaman belajar dan bergaul dengan masyarakat di lokasi KKN. Mahasiswa peserta KKN bisa menerapkan kemampuannya dalam penggunaan bahasa Inggris dan belajar bahasa lokal, sekaligus mengenal budaya di negara lokasi kegiatan sehingga lebih siap dalam menghadapi persaingan di era pasar bebas.

KKN Internasional juga merupakan tuntutan kurikulum , selain untuk menjalin ikatan silaturahim antara sesama umat Islam. " KKN internasional merupakan program penguatan kerjasama internasional yang diinisiatori PP Muhammadiyah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan respon atas perkembangan dunia yang ditandai dengan diberlakukannya pasar bebas ASEAN. Salah satu upaya adalah dengan menjalin kerjasama internasional khususnya dengan lembaga pendidikan berbasis islam, " katanya.

UMSU menjadi salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah yang terpilih untuk ikut dalam program kerjasama pendidikan internasional. Hal ini sejalan dengan visi UMSU menjadi universitas berkelas internasional Tahun 2033.

Sebelumnya, para pengurus sekolah Islam di Krabi menyambut antusias rencana kedatangan mahasiswa UMSU yang dijadwalkan pada 5 Agustus tahun ini. Bahkan kedatangan tim UMSU disambut layaknya saudara sehingga tidak ada kesan berbeda negara.

Kedatangan Tim UMSU disambut, Sekertaris Jenderal Integrated Islamic School Network of Thailand, Ustadz zaki Andaman dan mewakili sekolah Islam, Ustadz Alawi dan Yahya.Dalam kunjungan tim UMSU, sejumlah sekolah yang bersedia menampung mahasiswa UMSU diantaranya, Hwittayadat (tk), Uttan Siksak Craby, Pesantren Duankeo, Annuban Muslim Krabi School dan Patherpaam Boarding School. *PUL

Comments

Popular posts from this blog

PERMASALAHAN YANG ADA DI DANAU TOBA

Danau toba | 
hariancentral.com Apa latar belakang orang mau ke Danau Toba ? tentu saja adalah pemandangannya  , airnya yang biru dan  objek-objek wisata yang ada di danau toba dan hal yang bersifat artifisual. Artinya artifisual adalah yang dibuat manusia sesuai dengan perkembangan zamannya, itulah sebabnya orang mau tertarik datang ke danau toba.
Jika melihat danau toba orang akan takjub karena keunikannya, berada 903,5m diatas permukaan laut. Danau toba adalah sebuah danau tektonik-vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer lebar 30 kilometer terletak di provinsi Sumatera Utara, yang merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ditengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama pulau Samosir, itu merupakan suatu gambaran yang membuat danau toba bagus, airnya begitu jernih, dulu kala jika orang penduduk setempat tidak tubo atau tidak sarapan pagi cukup dengan mangura air. Mangura air adalah air  danau toba itu diambil ke kaleng, kemudian diberi garam cabe dan asam…

Papan Reklame Liar Menjamur di Kota Medan, DPRD Desak Walikota Copot Syampurno Pohan

TEKS FOTO: Drs Heri Zulkarnaen MSi. *hariancentral.com-Ist
MEDAN-hariancentral.com: Masih berdirinya papan reklame di 13 titik ruas jalan di Kota Medan, menunjukkan ketidakseriusan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang (DPKPPR) Kota Medan Syampurno Pohan untuk melakukan penertiban.
Papan reklame dan baliho masih terpampang di Jalan Sudirman, Jalan Pangeran Diponegoro termasuk Jalan Imam Bonjol Medan. Seolah Syampurno Pohan melakukan pembiaran.
Anggaran dana Rp900 juta sudah dipergunakan dari Rp2,8 miliar yang diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) TA 2016 Kota Medan, dinilai berbagai kalangan merupakan pemborosan anggaran yang dilakukan, namun tidak menghasilkan yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat Medan.
Menanggapi hal itu, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Medan Drs Herri Zulkarnaen Hutajulu MSi kepada hariancentral.com di ruang kerjanya, Selasa (30/5) mengatakan, pihaknya meminta pertanggungjawaban dari Syampuno Pohan selaku Kepala Dina…

Pelantikan Pejabat Eselon di Tobasa Dimulai

TOBASA, hariancentral.com: Setelah memenuhi syarat untuk melakukan pelantikan dan pengangkatan pejabat seperti tertuang dalam UU No 5 tahun 2014 tentang larangan 6 (enam) bulan Kepala Daerah setelah menjabat tidak dapat melakukan pelantikan atau pengangkatan pejabat, kini lonceng pelantikan dimulai di Tobasa.
Bupati Toba Samosir (Tobasa) yang diwakili Sekda Drs Audy Murphy Sitorus SH MHum, baru-baru ini di Balai Data Kantor Bupati,melantik dan mengambil sumpah 2 (dua) pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Kabupaten.
Kedua pejabat yang dilantik Bupati Tobasa itu,masing-masing Marlin Marpaung sebagai Kepala Bidang Teknologi Pangan & Holtikultura dan Lintong Sitorus sebagai Kepala Bidang Peternakan.
Kedua pejabat yang dilantik itu,untuk mengisi jabatan yang kosong,salah satu jabatan karena pejabatnya ditahan terkait kasus korupsi dan lainnya karena pejabat tersebut mengundurkan diri.
Saat itu juga, Bupati menyerahkan surat Pelaksana Tugas (Plt) jabatan Kepala Dinas kepada Kepal…