PGSD UMSU Diharapkan Solusi Kebutuhan Tenaga Pendidik

Share it:


MEDAN-hariancentral.com: Pasca diterbitkannya SK program studi Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), prodi tersebut siap menerima mahasiswa baru Tahun Ajaran 2017/2018 .

“SK Prodi pendidikan guru SD telah diserahkan melalui Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto,” kata Rektor UMSU, Dr Agussani MAP di kampus tersebut Jalan Mukhtar Basri Medan , Rabu (13/7).

Rektor mengaku bersyukur karena pada tahun ini UMSU telah dipercaya untuk menyelenggarakan pendidikan jenjang sarjana Prodi PGSD yang sebelumnya memperoleh tiga izin penyelenggaraan Magister yakni Pendidikan Matematika, Manajemen Pendidikan,dan Teknik Elektro.

Dijelaskan dia, keluarnya izin penyelenggaraan pendidikan Prodi PGSD patut disyukuri karena merupakan bentuk kepercayaan kepada UMSU untuk bisa lebih berperan dalam mencerdaskan masyarakat. Kepercayaan yang diberikan kepada UMSU ini juga menjadi tantangan tersendiri untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan.
“Kehadiran prodi PGSD diharapkan menjadi solusi akan kebutuhan tenaga pendidik profesional di tingkat sekolah dasar,” katanya.

Lebih lanjut, UMSU terus berupaya untuk mengembangkan program pendidikan jenjang sarjana berdasarkan arahan Kopertis Wilayah I yang mengimbau agar perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumut termasuk UMSU, membuka program studi yang menampung tenaga pengajar yang belum meraih gelarsarjana.

Ini dilakukan guna menciptakan sumber daya manusia di bidang tenaga kependidikan sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di Sumatera Utara

Menurut Agussani, kepercayaan yang diberikan kepada UMSU dalam menyelenggarakan pendidikan guru SD patut disyukuri karena ini bagian dari harapan Kopertis untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar yang profesional.

Menurut dia, capaian yang diraih UMSU ini juga tidak bisa terjadi tanpa dukungan dan komitmen persyarikatan muhammadiyah. Persyarikatan Muhammadiyah melalui PP dan pengurus wilayah serta daerah selama ini terus memberi dorongan dan motivasi sehingga PPs UMSU punya gedung kuliah sendiri di Jalan Denai, dan punya manajemen sendiri.

Ditegaskannya, UMSU berusaha sekuat tenaga melakukan peningkatan pelaksanaan proses pembelajaran, peningkatan kualitas pendidikan dan sebagainya sehingga program pengembangan yang dilakukan termasuk pembukaan program studi baru jenjang sarjana dan magister bisa terlaksana. 

Saat ini UMSU juga sedang mengajukan izin untuk bisa menyelenggarakan pendidikan S3 ilmu hukum.
Dengan keluarnya izin prodi PGSD maka saat ini UMSU telah memiliki 27 program studi jenjang sarjana dan delapan prodi magister.
Delapan prodi yang diselenggarakan PPS UMSU, yakni Magister Kenotariatan, Magister IImu Hukum, 

Magister Manajemen, Magister Ilmu Komunikasi dan Magister Akuntansi dan terbaru Magister pendidikan Matematika dan Elektro.

Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto menyatakan bangga akan prestasi dan terobosan UMSU membuka program studi baru jenjang S1 dan S2. Kopertis melihat UMSU merupakan salah satu PTS terbaik di Sumut.
“Ditinjau dari kategori dan penelitian yang telah dilakukannya, UMSU telah membuat Kopertis bangga dengan prestasinya yang begitu banyak,” kata Dian Armanto.

Sedangkan ditinjau dari senioritas, UMSU salah satu universitas yang senior sehingga pantas berpikir membuka program studi baru, terutama untuk jenjang S2 dan S3.

Dengan adanya penambahan prodi S2 ini, Kopertis berharap UMSU masuk bagian dari perguruan tinggi cepat mendapat A untuk akreditasi institusinya. "Pasalnya, saat ini, PTS di Sumut belum ada yang akreditasi institusinya meraih A," ucapnya. *PUL
Share it:

Medan

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments:

Iklan Layanan Masyarakat

Medan-HarianCentral.com: