Pemerhati Lingkungan Curiga Galian C Di Dusun 1 Desa Sugau Jalan Terus

Share it:
TEKS FOTO: Lokasi galian C di Dusun 1 Desa Sugau, Kecamatan Pancurbatu yang meresahkan masyarakat. *hariancentral.com-/Syamsul Bahri Star.

PANCURBATU-hariancentral.com: Seperti tak ada hentinya galian C di Dusun 1 Desa Sugau, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang hingga kini jalan terus. Masyarakat Desa Sugau merasa kesal dengan tidak ada hentinya aktifitas di lokasi galian milik SS itu. Bahkan R Ginting, pemerhati lingkungan Kabupaten Deliserdang mengaku curiga adanya kongkalikong antara pihak pengusaha galian C dengan instansi terkait di Pemprovsu dan Poldasu. Sebab sampai saat ini tidak ada tindakan terhadap galian C yang meresahkan masyarakat setempat. Alat berat exskapator siang malam terus beroperasi. Mobil dump truck juga tetap keluar masuk untuk mengangkut material tanah timbun dari lokasi galian C.

R Ginting, kepada wartawan kemarin mengatakan sudah sewajarnya pihak Pemprovsu dan Poldasu turun tangan menertibkan galian C tersebut. “Saya berharap agar Polda Sumut, khusunya Unit Tipiter untuk turun ke lapangan menindak lanjuti keluhan warga tersebut. Bahkan Distamben (Dinas Pertambangan dan Energi) juga supaya turun ke lapangan. Sebab menurut keterangan di lapangan, galian C tersebut telah menyalahi perizinan yang dikeluarkan oleh Distamben itu sendiri,” tegas Ginting.

R Ginting menyatakan sudah selayaknya galian C yang sangat meresahkan itu ditutup untuk selamanya. Sebab galian C tersebut sudah merugikan negara karena tak membayar pajak dan membuat lingkungan sekitarnya juga porak-poranda karena pengerukan yang mereka lakukan sudah dibawah badan jalan serta debu yang ditimbulkannya sangat meresahkan masyarakat,” kata Ginting.

Sementara itu, sejumlah warga Desa Sugau saat ditemui di lapangan sangat berharap agar Polda Sumut segera turun ke lapangan untuk menghentikan aktifitas pengerukan perut bumi tersebut. Menurut mereka hal itu sangat meresahkan masyarakat sekitar dan pengguna jalan. Bahkan mereka menuding bahwa pengusaha galian C tersebut kebal hukum dan menganggap remeh pihak Polda Sumut dan Pemprov Sumut. *STAR*




Share it:

daerah

Kolom SKPD

Pemprovsu

Polri

Post A Comment:

0 comments:

Iklan Layanan Masyarakat

MEDAN-hariancentral,com