Danramil 0824/14 Bersama Babinsa dan PPL dampingi Pok Tani Pelatihan Pembuatan Obat Pembasmi Jamur Padi

Share it:


JEMBER-hariancentral.com: Danramil 0824/14 Panti Kapten Inf Agus Harijanto bersama Babinsa dan PPL Bu Yani S, Bu Umi dan Bu Tri Pamungkas melaksanakan pertemuan dengan Kelompok Tani Randu-1 Ds Serut Kec Panti Kab Jember, Rabu (12/7) Pukul 08.00 WIB.

Pada pertemuan tersebut Kapten Inf Agus Harijanto memberikan arahan agar petani lebih waspada terhadap berbagai hama yang mengancam tanamannya, karena pada saat seperti sekarang ini tanaman pada masa pertumbuhan sehingga sangat rawan terhadaps erangan hama penyakit atau organisme pengganggu tanaman (OPT).

Acara dihadiri oleh Babinsa Jajaran Ramil 0824/14 Panti, Kelompok Tani Randu-1 dan anggotanya sebanyak 25 orang memperhatikan dengan seksama arahan Kapten Inf Agus Harijanto, selanjutnya PPL Bu Yani S dalam arahannya berharap agar petani mampu mengenal gejala dini serangan jamur maupun bakteri, Petani mampu memahami dan dapat mengembangkan aneka sumber daya hayati untuk fungisida maupun bakterisida, Petani paham dan trampil membuat aneka formula fungisida dan bakterisida dalam mengantisipasinya.

Ketua Kelompok Moh Selvi Alamulhuda pada kesempatan tersebut juga menyampaikan terimakasih atas arahan yang diberikan selanjutnya terkait dengan pendampingan pada program ketahanan pangan ini yang melibatkan Koramil dengan Babinsanya, yang sangat membantu petani, karena ada pengarahan seperti ini baik menyangkut tehnis maupun antisipasi dan pengendalian hama sehingga kami petani sangat terbantu sekali.

Selanjutnya Bu Yani memperkenalkan cara membuat insektisida maupun fungisida organic yang sangat diajurkan dalam rangka mengurangi kandungan pengaruh kimia padat anaman pertanian, yaitu insektisida atau fungisida organic corinepeanibacilius yaitu racun pembasmi jamur padi dengan bahan isolate murnipeanibaciliussp, larutan PK, aquades, gula, minyak sayur dan entang, petani dan Babinsa yang hadir serius memperhatikan pemaparan Bu Yani terntang bagaimana cara pembuatannya hingga cara penggunaannya pada tanaman padi.

Hal tersebut merupakan pengetahuan bagi kita semua dimana bahan-bahan disekitar kita ternyata disamping dapat digunakan untuk obat bermanfaat pula dibidang pertanian, dan tentunya dengan pemakaian bahan organik akan lebih baik bagi kita yang mengkonsumsi hasil pertaniannya nanti.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto saat dikonfirmasi menyampaikan terimakasih kepada jajarannya dan unsur dinas Pertanaman Pangan yang telah melaksanakan tugas pendampingan dengan baik.
Upaya-upaya organic tersebut tentunya memberikan pengetahuan baru bagi kita semua, disamping bahannya mudah didapat, harganya murah dan menyehatkan petani serta hasil pertaniannya. *SIS24

Share it:

daerah

Kolom SKPD

TNI

Post A Comment:

0 comments:

Iklan Layanan Masyarakat

Medan-HarianCentral.com: