Babinsa Karang Duren dan Gumelar Bersama PPL Dampingi Poktani Memanen Padi

Share it:
JEMBER-hariancentral.com: Babinsa Desa Karang Duren Serka Saiful Haqi dan Babinsa Desa Gumelar Sertu Suwito yang keduanya berada di wilayah Kecamatan Balung Kab Jember bersama PPL Minggu (9/7) Pukul 07.00 WIB melaksanakan pendampingan panen padi.

Pendampingan Babinsa bersama PPL Desa Karang Dauren di lahanmilik Poktani Subur-1 yang memanen padinya di lahan seluas 5,5 Hektar, selanjutnya Babinsa bersama PPL Desa Gumelar melaksanakan pendampingan di Poktani Sri Tanjung dengan luas lahan panen sekitar 10 Hektar.

Ketua Kelompok Tani Sri Tanjung Masudi saat diwawancarai disela-sela acara panen tersebut menyampaikan bahwa petan isangat berterimakasih sekali dengan adanya program ketahanan pangan melibatkan TNI melalui Babinsa ini, karena PPL sekarang lebih sering turun ke sawah bersama Babinsa sehingga kami selalu menerima bimbingan tehnis dari mereka dan tanaman kami terjaga dengan baik sehingga mengurangi serangan hama dan lain-lain yang mengganggu tanaman kami.
Bahkan saat panen ini kita disarankan untuk menggunakan mesin pemotong padi (comben) sehingga lebih cepat dan hemat biaya, saat ditanyakan hasil panennya Masudi menjelaskan bahwa untuk kali inistabil perhektarnya mencapaisekitar 9,5-10,5 Ton.

Komandan Koramil 0824/22 Balung Kapten Inf Rochmanu saat dikonfirmasi menegaskan bahwa dirinya telah menginstruksikan kepada para Babinsaj ajarannya untuk mengawal dengan baik pertanian diwilayahnya, baik saat persiapan tanam hingga panen, sehingga petani tidak mengalami kendala.

Demikian halnya Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto, terkait dengan program ketahanan dan pendampingan pertani anini dirinya sudah menyampaikan kepada jajarannya jangan sampai lengah oleh gangguan hama dan lain-lain yang mengancam gagal panen, adakan pendampingan lebih intensif jalin koordinasi dan komunikasi dengan PPL maupun UPT dan petani sendiri dengan baik agar terjaga produktifitasnya.

Saat ditanya kendala tahun ini Letkol Inf Rudianto menegaskan bahwa memang kendala pastinya selalu ada yaitu kebiasaan petani misalnya selalu mananam padi sepanjang tahun yang berdampak pada menurunnya unsur hara tanah dan lain-lain, gangguan wereng  yang mulai menyerang, namun kesemuanya itu dapat kita atasi dengan baik,
sehingga saya masih optimis mampu menjaga stabilitas produksi tahun ini syukur-syukur kalau meningkat, dalam menunjang program ketahanan pangan secara nasional. *SIS24
Share it:

daerah

Kolom SKPD

TNI

Post A Comment:

0 comments:

Iklan Layanan Masyarakat

Medan-HarianCentral.com: