Tekan Angka Lakalantas Dishub dan Satlantas Periksa Kondisi Kenderaan

Share it:
TEKS FOTO: Kadis Perhubungan H Syafrin Harahap SH didampingi Kabid Wasyasa Lalulintas Dishub YB Hutapea, Kabid Angkutan H Boy Barkah daKanit Dikyasa Sat Lantas Ipda Lidya usai mengecekondisi kendaraan disalah satu loket kenderaan angkutan umum. *hariancentral.com-Ist

TEBINGTINGGI-hariancentral.com: Guna menekan angka kecelakaan lalulintas khususnya bagi kendaraan angkutan umum. Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Tebingtinggi melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah kendaraan angkutan dengan mendatangi perusahaan angkutan dan loket perwakilan kendaraan angkutan umum yang ada di Kota Tebingtinggi.

Pemeriksaan kondisi kendaraan, Senin (5/6), dipimpin Kadis Perhubungan Tebingtinggi H Syafrin Harahap SH didampingi Kabid Pengawasan dan Rekayasa Lalulintas Dishub Drs YB Hutapea, Kabid Angkutan H Boy Barkah dan Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Tebingtinggi Ipda Lidya.

Sejumlah perusahaan angkutanantara lain perusahaan jasa angkutan JS, kendaraan jasa penitipan barang Sahabat Baru di Jalan KL Yos Sudarso serta angkutan umum CV Prima Jaya Transport Jalan Diponegoro Kota Tebingtinggi, dilakukan pemeriksaan untuk mengecek kondisi kenderaan layak jalan atau tidak, disaksikan Kadishub dan Kanit Dikyasa serta pengurus perusahaan angkutan.

Adapun pemeriksaan kondisi kendaraan yang akan beroperasi meliputi pemeriksaan kadar emisi gas buang, rem, kondisi ban dan kelengkapan kendaraan lainnya. Selain memeriksa kondisi kendaraan, Kadis Perhubungan dan Kanit Dikyasa juga memberikan sosialisasi dan arahan kepada setiap pengurus dan perwakilan perusahaan angkutan agar senantisa memperhatikan kondisi kendaraan sebelum dioperasikan.

Kadishub Syafrin Harahapa mengatakan, pengecekkan dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalulintas serta mengantisipasi agar kejadian seperti yang terjadi di Jalan Ringroad Kota Medan tidak terjadi di Tebingtinggi.

”Kita lakukan secara acak terhadap kendaraan di setiap perusahaan angkutan yang kita datangi, hasilnya kondisi kendaraan masih cukup laik jalan. Meski demikian, kita tetap mengingatkan pengurus perusahaan angkutan agar tetap memperhatikan kondisi kendaraan sebelum dioperasikan,” jelas Syafrin Harahap usai melakukan pemeriksaan di loket CV Prima Jaya Tebingtinggi.

Sementara, Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Tebingtinggi Ipda Lidya mengingatkan para pengemudi agar mencek terlebih dahulu kondisi kendaraan sebelum memulai perjalanan. Selain itu diingatkan juga untuk senantiasa memperhatikan dan mematuhi rambu-rambu lalulintas yang ada.

Kemudian bila fisik tidak stabil atau kurang sehat dihimbau untuk tidak mengemudikan kenderaan guna menghindari kecelakaan ketika melakukan perjalanan, diharapkan tidak ugal-ugalan agar selamat dan lancer.

Kalau setiap pengendara tertib dalam berlalulintas, maka angka kecelakaan lalulintas dapat kita tekan seminimal mungkin,” jelas Lidya. *RED



Share it:

daerah

Kolom SKPD

Polri

Post A Comment:

0 comments:

DPRD Sumut Lumpuh, Anggota Dewan Ramai-Ramai Tinggalkan Medan

TEKS FOTO: Gedung rumah rakyat Sumut yang dibangun ratusan milyar di Jalan Tuanku Imam Bonjol Medan. hariancentral.com-Ist. MEDAN-...