TEKS FOTO: Kapten Inf Slamet Efendi saat menyampaikan materi Modul Pancasila kepada para siswa-siswiSMA Negeri 2 Jember. *hariancentral.com-Ist 

JEMBER-hariancentral.com: Bertempat di aula PB Sudirman Kodim 0824 Jember Kamis (8/6/) Pukul 08.30 WIB dilaksanakan Pekan Pancasila bekerjasama dengan SMA Negeri 2 Jember, hadir pada kesempatan tersebut 300 orang siswa-siswi dengan didampingi oleh 2 orang guru pembimbing.

Pada acara tersebut para siswa-siswi diberikan materi Wawasan Kebangsaan oleh Kapten Inf Hadi Windoko, Modul Pancasila oleh Kapten Inf Slamet Efendi dan Outbond yang diisi dengan kegiatan yang mengutamakan asas kebersamaan dan persatuan diantaranya Pembinaan Baris Berbaris (PBB), bola tali, water estavet, tongkat estavet, permadani terbang, holahop dan buldozer.Pada acara outbond dibawah pembinaan kakak pembina dari Staf Teritorial Kodim 0824 diantaranya Serma Iwan Abdilah,  Serka Edi Sucipto, Serda Holis dan Serda Sujito.

Selama diberikan materi pada kegiatan tersebut adik-adik siswa-siswi mengikutinya dengan antusias karena disajikan dengan cukup menarik, apalagi pada saat materi outbond permainan, aula Kodim 0824 Jember    langsung ramai bergemuruh.

Disela-sela acara tersebut salah satu siswa yang berhasil kami wawancarai yaitu Ranu Yolan Eky Mahetsa (Ranu) siswa Kelas X/IPA-2 SMA Negeri 2 Jember menyampaikan bahwa dirinya  tertarik mengikuti kegiatan Pekan Pancasila yang dilaksanakan Kodim 0824 Jember ini, karena ingin mendalami pemahamannya terhadap Pancasila , mengapa ingin mendalami Pancasila? Lebih lanjut Ranu menjelaskan bahwa Pancasila sebagai Dasar Negara, Idiologi Negara yang mampu mempersatukan kebhinekaan Bangsa Indonesia.

"Saat ditanyakan siapa sebenarnya perumus Pancasila itu? Ranu menjawab bahwa perumus Pancasila itu adalah para tokoh pejuang bangsa dari berbagai suku dan agama yang tergabung dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) diantaranya Ir Soekarno, Moh Hatta, Moh. Yamin, KH Wahid Hasyim dan lain-lain," tuturnya.

"Menyikapi kegiatan tersebut Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Jember  Haryono STP dalam konfirmasinya mendukung sekali dengan kegiatan tersebut karena akan menambah wawasan adik-adik terhadap bela negara, pemahaman dasar negara dan lain-lain yang kurang dibahas pada mata pelajaran, sehingga akan meningkatkan intelijensi siswa dan siswi itu sendiri," terangnya.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto yang sedang dinas luar yaitu rapat di Kodam V/Brw Surabaya yang berhasil kami konfirmasi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan program kegiatan yang telah ditentukan oleh Komando Atas, untuk itu saya sampaikan terima kasih kepada anggota dan pihak SMA Negeri 2 Jember yang telah bekerjasama melaksanakan Pekan Pancasila tersebut.

"Saat dikonfirmasi terkait tujuan kegaiatan tersebut, Letkol Inf Rudianto menegaskan beberapa manfaat diantaranya bahwa pembinaan generasi muda merupakan upaya membangun karakter dan kualitas generasi penerus  bangsa, pada usia seperti mereka harus selalu kita isi materi-materi kebangsaan sehingga memantapkan kecintaannya kepada negerinya, wawasan kebangsaan, rasa bela negara seabagai bekal generasi tersebut dalam berkiprah nati pada masanya, demi kejayaan NKRI," tegasnya. *SIS24




Share To:

Harian Central

Post A Comment:

0 comments so far,add yours