TEKS FOTO: Sky Karaoke Jalan M Yakin Kel Kisaran Naga Kec Kota Kisaran Timur. *hariancentral.com-Ist

ASAHAN-hariancentral.com: Para pengusaha hiburan di Asahan diduga abaikan surat edaran Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP bernomor 451/2598 tentang himbauan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan tahun 1438 H/2017 M.

Surat edaran tersebut bertujuan agar seluruh masyarakat Asahan saling menghormati di bulan suci Ramadan serta untuk memelihara suasana yang kondusif dan sejuk bagi seluruh umat Islam yang melaksanakan ibadah puasa serta agar terwujudnya Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri.

Dalam surat edaran tersebut seluruh pengusaha hiburan seperti kafe, karaoke, bilyard, game ketangkasan dan lainnya diharapkan tidak beroperasi selama bulan suci Ramadan.

Namun pada kenyataannya para pengusaha hiburan tetap mengoperasikan usahanya, baik siang hari maupun malam hari, baik secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Pantauan Awak media Selasa (6/6) Sky Karaoke yang beralamat di Jalan M Yamin Kelurahan Kisaran Naga Kecamatan Kota Kisaran Timur tetap beroperasi dan permainan ketangkasan Game Funland di Jalan Sisingamangaraja Kecamatan Kota Kisaran Barat dan lainnya.

Camat Kota Kisaran Timur, Irwandi SE saat dikonfirmasi oleh salah seorang awak media melalui telepon selularnya, Selasa,(6/6) mengatakan himbauan Bupati Asahan tersebut telah disosialisasikan melalui Lurah. Untuk menindaklanjuti Perda atau surat edaran adalah tugas dan wewenang Satpol PP. Namun saat ditanya kenapa para pengusaha hiburan masih tetap membuka usahanya?, “Saya kurang tahu, namun terima kasih atas informasinya dan nanti akan kita cek ke lokasi,” Jawab Irwandi.

Plt Kadis Kominfo, Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi, saat dikonfirmasi oleh salah seorang awak media diruang kerjanya mengatakan, bahwa diabaikannya surat edaran Bupati Asahan tersebut oleh pihak pengusaha hiburan, Hidayat mengatakan tugasnya hanya menyebarluaskan informasi.

Terkait penindakan pelanggaran Perda atau surat edaran adalah tugas dan wewenang Satpol PP. “Kita berharap para pengusaha hiburan mentaati surat edaran Bupati Asahan tersebut, semua ini demi kenyamanan, keamanan dan ketertiban kita bersama apalagi saat bulan suci Ramadan,” ujar Hidayat.

Terkait hal tersebut  Kasat Pol PP Asahan, Isha Harahap, ketika dikonfirmasi melalui Kabid Perundang-undangan, Legino SH, mengatakan, “Kalian beritakan aja sky karaoke itu, nanti kami yang turun, sambil meyarankan coba konfirmasi  aja kepada Kabid Trantibbun, Siti Rosnita Hasibuan.

Tak sampai di situ awak media  ini juga mencoba konfirmasi kepada Siti Rosnita dengan mengatakan bahwa itu bukan kewengannya.

“Itu adalah tugasnya Kabid Perundang-undangan yakni Legino SH, Kalau tugas kakak dek adalah razia Gepeng, PSK , Razia Kasih Sayang, kalau untuk penegakan Perda itukan tugasnya Legino, janganlah lempar bola panas dan janganlah buang badan terhadap tugas yang diemban,” ujar Rosnita. 

Lurah Kisaran Naga, Dhaniel Paasribu ketika dikonfirmasi awak media  baru-baru ini mengatakan, mengenai HO ( izin gangguan) nya sudah ditandatangani oleh masayrakat sekitar, kepling dan saya juga sudah menandatangani HO itu.

 “Kalau pihak pengusahan belum mengurus izin ke Dinas Perizinan maupun Dinas Parawisata dan Dinas Lingkungan Hidup tentang standarisasi  UPL ( upaya pengelolaan lingkungan ) DAN UKL ( upaya kelestarian lingkungan ) itu kan bukan kewenangan saya, cetus Lurah Kisaran Naga. *RED


Share To:

Harian Central

Post A Comment:

0 comments so far,add yours