78 Imigran Gelap Asal Tiongkok Dan Taiwan Diamankan Poldasu

Share it:
TEKS FOTO: Dir Krimsus Polda Sumut, Kombes Pol Drs Toga Panjaitan didampingi Imigrasi Provsu dan Interpool Tiongkok gelar paparan, Selasa (16/5). *hariancentral.com-Dapotraja Situmorang
           
TANJUNGMORAWA-hariancentral.com: 78 imigran gelap asal Tiongkok dan Taiwan diamankan Reskrimsus Polda Sumut yang bekerja sama dengan Mabes Polri dan Interpool Tiongkok, di salah satu pergudangan di Gang Sopoyono, Pasar VI, Dusun III, Desa Telagasari, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Selasa (16/5).


Informasi yang diterima hariancentral.com dari lokasi penangkapan, ke 78 orang imigran gelap itu, pria berjumlah 49 orang dan wanita berjumlah 29 orang itu dipekerjakan di gudang milik Adul warga Medan. 

Sedangkan Wagimin (38) warga Tebingtinggi, sebagai supir yang dibawa oleh Fredy warga Jakarta ikut diamankan polisi.

Dari tangan para imigran, Polisi menyita paspor, telepon genggam dan surat-surat penting lainnya sebagai barang bukti.

Penggerebekan dipimpin langsung Dir Krimsus Polda Sumut, Kombes Pol Drs Toga Panjaitan yang didampingi Kasubdit Cyber Crime Polda Sumut, AKBP Heri Jhoni Saragih, Wadir Krimsus Polda Sumut, AKBP Roni Santana, Imigrasi Kelas I Propsu, Interpool Tiongkok sebanyak 5 orang yang dipimpin MR Ceny.

Menurut  Dir Krimsus Polda Sumut, Kombes Pol Drs Toga Panjaitan yang didampingi Kapolres Deliserdang AKBP Robert Da Costa mengatakan, para imigran gelap yang diamankan tersebut kerap melakukan penipuan sistem online.

Yang menjadi korban para ulah imigran yang diamankan tersebut pada umumnya warga negara Tiongkok dan Taiwan yang dikategorikan Cybercrime.

Ditambahkan, akibat ulah para imigran gelap tersebut, puluhan warga Tiongkok dan Taiwan menjadi korban penipuan dengan kerugian sekira 1 miliyar dolar perbulan.

Operandi yang dilakukan imigran itu berlangsung sebulan lebih. Dari para Imigran itu diamankan paspor dengan tujuan visa wisata dan bukan sebagai pekerja.

Hingga berita ini dipostingkan, ke 78 orang imigran gelap itu masih dilakukan proses pengembangan oleh Polda Sumut, guna menunggu dilakukan proses deportasi ke negara masing-masing. *DASI



Share it:

daerah

NEWS

Polri

Post A Comment:

0 comments:

Iklan Layanan Masyarakat

MEDAN-hariancentral.com