TEKS FOTO: Sekdakab Sergai Drs Hadi Winarno saat menerima piala penghargaan paviliun terbaik kedua dari Gubsu Ir H T  Erry Nuradi  MSi pada acara PRSU ke-46 tahun 2017 disaksikan Ketua TP PKK Provsu Ny Hj Evi Diana Erry bertempat di panggung utama PRSU di Jl Gatot Subroto Medan, baru-baru ini. *hariancentral.com-Pane

SEI RAMPAH-hariancentral.com: Paviliun Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) mendapat predikat sebagai paviliun terbaik kedua pada ajang Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-46 tahun 2017. Paviliun terbaik pertama diraih oleh Paviliun Kabupaten Deliserdang dan terbaik ke III diraih paviliun Pemko Medan.  Sedangkan paviliun terfavorit diraih oleh Paviliun Kabupaten Batubara.

PRSU ke-46 tahun 2017 baru-baru ini secara resmi ditutup oleh Gubernur Sumatera Utara, Ir  H T  Erry Nuradi MSi didampingi Ketua TP PKK Provsu, Ny Hj Evi Diana Erry dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut serta turut dihadiri para Bupati/Walikota bertempat di panggung utama PRSU Jalan Gatot Subroto Medan.

Bupati Sergai diwakili Sekdakab, Drs Hadi Winarno MM menerima piala yang diserahkan oleh Gubsu Ir  H T  Erry Nuradi  MSi yang disaksikan oleh Ketua TP PKK, Ny  Hj  Evi Diana Erry dan unsur Forkopimda di sela-sela acara penutupan PRSU ke-46 malam itu.

Erry Nuradi dalam sambutannya mengemukakan bahwa PRSU tahun 2017 mengalami peningkatan jumlah pengunjung sebanyak 27 persen dibandingkan tahun lalu dengan total transaksi mencapai 20 Miliar. “Hal ini harus terus kita tingkatkan dari tahun ke tahun sebagai faktor pendukung untuk mencapai tujuan PRSU sebagai minatur Sumut serta sebagai wadah memperkenalkan potensi daerah. Kita juga berharap melalui ajang PRSU yang dikemas dengan baik akan memudahkan para investor untuk mengenal produk dan potensi daerah yang ada di Sumut ini,” ungkap Erry.

Sementara itu, Bupati Sergai Ir H Soekirman di tempat terpisah menyampaikan bahwa potensi sumber daya alam di Tanah Bertuah Negeri Beradat ditambah unsur budaya daerah setempat melalui hasil kerajinan tradisional serta kapasitas Sumber Daya Manusia dikombinasikan dan ditampilkan dalam miniatur paviliun Sergai di PRSU itu.

“Ketiga hal inilah yang kita jadikan sebagai nilai tambah pada paviliun tahun ini sehingga menjadikannya lebih bernilai tinggi. Dengan predikat terbaik kedua saat ini kita harapkan menjadi peluang besar untuk mewujudkan paviliun Sergai sepanjang tahun sebagaimana yang direncakanan sebelumnya,” ujar Soekirman.

Lebih lanjut Bupati Soekirman minta kepada Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan dan Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha mikro agar menyiapkan langkah-langkah agar grosir ikan sale, beras organik dan pernak-pernik asesoris hasil pelaku UKM di Sergai bisa tersedia di paviliun Sergai dengan harga terjangkau dan mutu yang bersaing.

Sebelumnya, Kadis Perindag Sergai, Hj Nina Deliana Hutabarat S Sos menyampaikan bahwa melalui paviliun Sergai diajang PRSU ke-46 tahun 2017, ditampilkan berbagai produk unggulan daerah dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sergai sebagai kampung pangan Indonesia.

“Kemudian ditambah potensi alam dan wisata khususnya wisata bahari yang kita banggakan serta wisata arung jeram Sergai yang sudah menghasilkan atlet berprestasi diajang internasional. Kita berharap PRSU menjadi ajang promosi yang efektif tidak hanya untuk produk unggulan daerah, namun juga peningkatan jumlah wisatawan pada tahun ini,” harap Kadis Perindag.

Pemkab Sergai akan terus meningkatkan inovasi sehingga paviliun Sergai dari tahun ke tahun semakin mencerminkan keberagaman serta kekayaan potensi daerah sehingga melalui event PRSU ini masyarakat Sumut semakin mengenal daerah Tanah Bertuah Negeri Beradat ini yang terus mendandani diri menjadi Kabupaten yang unggul, inovatif dan berkelanjutan.

Acara penutupan PRSU ke-46 ini berlangsung semarak dengan menampilkan pesona budaya dari Kabupaten Nias Selatan sebagai pelaksanan kegiatan. *RED




Share To:

Harian Central

Post A Comment:

0 comments so far,add yours