Lelang Jabatan Tuntas Saat 7 Pejabat Dilantik, Gubsu Erry Berpesan Laksanakan Amanah Dengan Baik - hariancentral.com

Breaking

Menyuarakan Kebenaran Demi Keadilan

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, 18 April 2017

Lelang Jabatan Tuntas Saat 7 Pejabat Dilantik, Gubsu Erry Berpesan Laksanakan Amanah Dengan Baik


TEKS FOTO: Ketujuh pejabat yang dilantik saat mengucapkan sumpah dan janji. *hariancentral.com-Ist

MEDAN-hariancentral.com: Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi melantik 7 pejabat eselon II (pratama) di kantor Gubsu, Senin (18/04) sore.

Dengan ini 19 pejabat hasil lelang telah tuntas dilantik. Pelantikan ini adalah yang terakhir dari hasil lelang jabatan yang sudah dilaksanakan sejak Februari. “Saya bersama ibu wakil Gubernur tetap akan melakukan evaluasi kinerja terhadap para pejabat yang sudah dilantik hasil seleksi. 

Pejabat yang dilantik melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya. Kalau ada pejabat yang tidak melaksanakan tupoksi (tugas pokok dan fungsi-red) dengan baik, tidak disiplin apalagi melakukan KKN, walaupun baru dilantik, kami bisa saja melakukan pergantian,” tegas Gubsu Tengku Erry.

Adapun pejabat yang dilantik yakni Kaiman Turnip sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Azhar Harahap sebagai Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Erwin Lubis sebagai Sekretaris DPRD Sumut, Faisal Hasrimy sebagai Kepala Biro Umum dan Perlengkapan, Ilyas Suharto Sitorus sebagai Kepala Biro Humas dan Protokoler, Eric Aruan sebagai Kepala Biro Pembangunan dan Ernita Bangun sebagai Kepala Biro Bina Perekonomian.

“Sebelumnya ada 19 jabatan yang kosong yang dilakukan seleksi lelang jabatan melalui tahapan sesuai aturan, baik BKN (Badan Kepegawaian Negara) maupun aturan ASN (Aparatur Sipil Negara). Dari seleksi panjang ini, hari ini yang terakhir sebanyak tujuh jabatan tinggi pratama,” sebut Erry.

Dari seluruh pejabat khususnya hasil seleksi lelang jabatan, Gubernur berpesan agar benar-benar menjaga amanah yang telah diberikan dan memahami tugas masing-masing.  Seperti Kepala BKD, untuk mempersiapkan sistem berbasis kinerja pegawai. Agar tunjangan yang diberikan sesuai dengan nilai kerjanya, antara yang maksimal dengan yang tidak.

Sementara kepada Sekretaris DPRD Sumut, Gubsu menekankan agar menjaga hubungan antara legislatif dengan eksekutif. Sebab pengalaman masa lalu yang kurang baik, menjadi catatan penting agar tidak terulang kembali. “Saudara harus memiliki pengetahuan yang berhubungan dengan anggaran,” katanya.

Untuk Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortkultura, Erry meminta upaya Azhar mewujudkan Sumut swasembada pangan. Sehingga jabatan ini merupakan beban berat, namun kita memiliki potensi pertanian yang bias dikembangkan. Gubsu meminta Azhar mengembangkan sistem berbasis elektronik. Termasuk yang berhubungan dengan penyuluh dan kecepatan informasi dari daerah melalui aplikasi online.

“Saudara Kadis yang harus banyak turun ke lapangan, jangan hanya di kantor saja. Berhubungan baik dengan pusat dan jaga hubungan dengan Kabupaten/Kota tanpa ada unsur KKN,” tegas Gubsu.

Kepada Kepala Biro Umum dan Perlengkapan, Gubernur meminta agar memberikan contoh yang baik, khususnya yang berhubungan dengan tupoksi. Begitu juga dengan pertanggungjawaban semua kinerja aparatur yang ada, mengingat biro ini seringkali menjadi sorotan.  Apalagi menurutnya, pejabat yang dilantik telah memiliki pengalaman di pemerintah Kabupaten.

“Kepada Kepala Biro Humas dan Protokoler, saya berharap benar-benar bisa menjadi humas yang baik, membina hubungan baik dengan media cetak dan elektronik. Pegang aturan dan tentunya saudara harus mampu menyampaikan informasi pembangunan dan tugas pemerintahan dan kemasyarakatan kepada publik,” sebut Gubernur yang juga menekankan pemahaman terhadap keprotokolan, tata kelola dan aturan lainnya.

Untuk Biro Pembangunan, kepada Eric Aruan, Gubernur meminta tata kelola administrasi termasuk sistem e-procurement dan hal lain yang berhubungan dengan sistem informasi teknologi harus dipahami. Sehingga tidak lagi ada kepala SKPD yang tidak cakap teknologi atau gagap teknologi (gaptek).

“Kepada Kepala Biro Perekonomian, saudari punya pengalaman. Jadi harus tahu apa yang bisa dibenahi. Harus tahu apa yang belum diperbaiki berhubungan dengan pengelolaan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) di Pemprov Sumut. Juga harus rutin melakukan pembinaan sekaligus pelaporan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur,” imbuh Gubsu.

Kembali Gubsu menekankan agar semua pejabat menjaga nama baik Pemprovsu. “Yang penting harus jadi tauladan, jangan mencemari nama baik. Ingat, saudara duduk tanpa memberi apapun kepada siapapun. Lakukan tugas sebaiknya, ini pesan saya, mudah-mudahan bisa dilakukan,” harap Gubsu Erry. *RED



No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here