Dinas Kominfo Medan Kembali Razia Warnet Bermasalah

Share it:

TEKS FOTO: Dinas Kominfo Medan saat razia warnet, Selasa (11/4). *hariancentral.com-Ist 

MEDAN-hariancentral.com: Dinas Kominfo Kota Medan kembali merazia warung internet (warnet), Selasa (11/4). Razia yang dipimpin Kabid Pengendalian Dinas Kominfo Medan, Arbani SSos di kawasan Medan Utara ini menemukan pihak warnet mengizinkan anak sekolah bermain pada jam belajar dan belum memiliki Surat Izin Rekomendasi Warnet dari Dinas Kominfo Medan.
Razia kali ini juga dilakukan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Polrestabes Medan, Kodim O201 BS, dan Satpol PP Medan ini menjaring belasan pelajar mulai tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK. Para pelajar berpakaian seragam ini ditemukan tengah asik bermain game online.
Arbani yang didampingi Kasi Pengendalian Telekomunikasi dan Internet Gloria Sagita, Kasi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi, Supriono dan diikuti segenap jajaran Dinas Kominfo ini awalnya memasuki warnet Jupiter Net di Jalan Platina Raya yang ternyata tidak memiliki Surat Izin Rekomendasi Warnet.
Selanjutnya tim bergerak ke Star Net yang juga berada di Jalan Platina Raya. Di warnet ini, terdapat anak SD kelas tiga yang tengah bermain game online. Dia menangis saat ditanya oleh petugas dan mengaku telah pulang sekolah. Selanjutnya petugas menyuruhnya pulang. Kepada pengusaha dan operator warnet itu juga diberi teguran agar menolak pelajar yang ingin bermain di jam belajar.
Di Jalan Platina Raya, tim juga menemukan 5 pelajar SMK, 1 pelajar SMP, dan 1 pelajar SD tengah bermain game online di warnet R3Net. Sebagian pelajar mengaku tidak belajar, sedang siswa SMP dan SD mengaku bolos karena telat masuk sekolah. Seluruh pelajar ini diwajibkan menandatangani surat pernyataan tidak mengulangi perbuatan yang sama. Selain itu, sebagai hukuman mereka diharuskan menyanyikan lagu Indonesia Raya, membaca Panca Sila dan Janji Siswa.  Pengusaha warnet ini juga tidak memiliki surat Izin Rekomendasi Warnet dari Dinas Kominfo Medan.
Dari Jalan Platina Raya, tim yang menggunakan empat kendaraan roda empat ini memasuki Jalan Marelan Raya. Di Jalan ini tim juga menemukan pelajar berpakaian seragam di D’Putra Net, Megaria Cyber Net,m dan Metro Net. Pelajar yang tengah bermain warnet juga ditemukan di R3 Cyber Net yang terletak di Jalan Yos Sudarso Medan Labuhan. Warnet-warnet ini juga belum memiliki Surat Izin Rekomendasi Warnet.
Selain menemukan warnet yang bermasalah, tim juga mendapat warnet yang mematuhi aturan. Selain memiliki Surat Izin Rekomendasi, juga melarang pelajar bermian pada jam belajar. Champion Warnet ini terletak di Jalan Sumatera, Medan Belawan. Di warnet ini tampak beberapa orang dewasa tengah bekerja dengan memanfaatkan jaringan internet.  
Aksi razia ini mendapat dukungan dari warga sekitar warnet. Tidak sedikit warga mendatangi tim untuk menyatakan dukungannya dan berharap razia ini rutin digelar.
“Banyak anak sekolah rusak gara-gara penyalahgunaan warnet ini. Anak saya pernah ketangkap basah bolos di warnet,” ujar seorang lelaki setengah baya saat menyaksikan razia di Jalan Marelan Raya.  
Kabid Pengendalian Dinas Kominfo Medan, Arbani Harahap SSos mengungkapkan, razia sebagai bentuk pembinaan kepada pengusaha warnet maupun operator agar mematuhi ketentuan yang berlaku di Medan.
“Kita mengharapkan kerja sama dari pengusaha warnet dan operatornya untuk mematuhi aturan. Di antaranya mematuhi jam operasional dan melarang pelajar bermain pada jam belajar,” ungkapnya.
Ia mengatakan razia ini akan terus dilakukan agar seluruh warnet di Medan mematuhi peraturan yang berlaku. “Selain itu tentu kita juga akan memberi apresiasi kepada pengusaha warnet yang mematuhi aturan,” sebutnya. *RED
Share it:

Kolom SKPD

Medan

NEWS

Pemko Medan

Post A Comment:

0 comments:

Iklan Layanan Masyarakat

Medan-Hariancentral.com: