BUMDes Siap Bantu Warga Masyarakat Berusaha

Share it:
PANTAI LABU-hariancentral.com: Camat Pantai Labu, Ayub SSos sarankan kepada seluruh Kepala Desa menggerakkan dana BUMDES diserap petani dengan memberikan kemudahan syarat pinjaman, untuk dipergunakan petani mengelola dan mengembangkan pertanian demi tercapainya swasembada pangan di Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang, pasalnya  banyaknya lahan tidur yang belum dikelola petani yang disebabkan karena kekurangan biaya.

Hadirnya  BUMDes diharap sangat membantu petani dalam pemberian modal agar dapat melakukan cocok tanam di lahan masing-masing.  BUMDes menjadi lembaga perantara komoditas petani dengan pasar, supaya petani tidak lagi kesulitan menjual hasil panen, dan terhindar dari tengkulak juga rentenir, sebab seluruh keperluan petani sudah teratasi.

BUMDes badan usaha yang modalnya dimiliki desa dan menjadi tulang punggung perekonomian desa guna mencapai peningkatan kesejahteraan warga masyarakat menggunakan dana BUMDes pinjaman akan diansuransikan petani yang bekerja di ladang sendiri dan dapat menikmati keuntungan sendiri. Lain halnya  bagi petani yang tidak tergabung didalam BUMDes, apabila gagal panen kerugian akan menjadi tanggung jawab sendiri. 

“Contohnya seperti ini, jika setiap petani membuka lahan persawahan 1 rante memerlukan modal  Rp500 ribu  sampai siap panen, jadi kalau Rp100 juta digunakan petani, otomatis ada  200 rante yang sudah dikerjakan, berapa ton hasil yang didapat, melalui kelompok-kelompok tani kita telah mensosialisasikan manfaatnya,” ungkap Ayub. *CMB


Share it:

daerah

Kolom SKPD

NEWS

Pemkab

Post A Comment:

0 comments:

Iklan Layanan Masyarakat

MEDAN-hariancentral.com