TEKS FOTO: RKI menggelar konfrensi pers Launching Kelender Kegiatan Rabu (8/3) di Sekretariat RKI Caldera Café Jalan Sisingamangaraja Medan. *hariancentral.com-ist

Medan-CENTRAL: Dalam menumbuhkan minat generasi muda terhadap karya seni. Rumah Karya Indonesia (RKI), menggelar Launching Kalender  menjalankan misi untuk menggali dan mengembangkan keragaman, menciptakan iklim yang kondusif, Rabu (8/3) di Sekretariat RKI Caldera Café Jalan Sisingamangaraja Medan.

Direktur RKI, Ojax Manalu dalam konfrensi pers kepada wartawan, mengatakan RKI adalah sebuah lembaga kaum muda tempat wadah penyatuan ide dan gagasan. Dan menuangkannya dalam bentuk karya seni budaya dan wisata, yang mengangkat nilai-nilai potensial di Indonesia khususnya Sumatera Utara.

"Dikatakan Ojax, RKI sudah berdiri 3 tahun yang lalu dari para kreator muda dan telah melaksanakan beberapa agenda kegiatan seperti  Jong Bataks Arts Festival, Dokan Arts Festival, Geo Bike Caldera Toba dan Silahisabungan Arts Festival," sebutnya.

"Selama kegiatan itu berlangsung banyak peningkatan peserta dan pengunjung setiap lokasi diselenggarakan. Kali ini, launching kalender kegiatan RKI 2017 kembali menyelenggarakan diantaranya, (Bukan) Opera Batak “Ponggol” (24-25 Maret di Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) dan 18-19 Agustus di Gedung Serba Guna Universitas Nomensen P.Siantar)," terangnya.

"Selanjutnya, Geo Bike Caldera Toba #3 (7-9 April dan 8-10 September di 7 Kabupaten Kawasan Danau Toba), Dokan Arts Festival #3 (11-13 Mei di Desa Dokan, Kabupaten Karo), Silahisabungan Arts Festival #2 (21-23 Juli di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi),  Onan Na Marpatik (1-2 September di Kabupaten Samosir), Jong Bataks Arts Festival #4 (25-28 Oktober di Lapangan Merdeka Medan), Lake Toba Film Festival (1-2 Desember di Kabupaten Samosir)," tuturnya.

Ojax menambahkan, untuk menjalankan kegiatan ini pemerintah daerah sangatlah penting untuk ikut berperan serta, karena dalam kegiatan yang akan diselenggarakan tentu perlu biaya,dan sokongan pemerintah daerah.

“Fokus wilayah kegiatan RKI 2017 ini, ada diseluruh kawasan Danau Toba  yang merupakan destinasi wisata, yang menjadi target pembangunan ekonomi masyarakat setempat,” tegasnya.

"Ojax menerangkan, cita-cita RKI adalah untuk memaknai, merawat dan menghidupi tradisi Budaya lokal daerah setempat, dan memajukan pariwisata sebagaimana fokus wilayah kegiatan Rumah Karya Indonesia di tahun 2017," terangnya. *JEF


Share To:

Harian Central

Post A Comment:

0 comments so far,add yours