TEKS FOTO: Kafe Nongkrong Jalan Samanhudi, Medan Maimun masih beroperasional meski tak miliki izin. *hariancentral.com-Ist

MEDAN-hariancentral.com: Dinas Parawisata Kota Medan sudah menegaskan, Kafe Bengkel di Jalan Karya Wisata, Medan Johor dan Kafe Nongkrong di Jalan Samanhudi, Medan Maimun tidak mengantongi izin operasional.

Penegasan Dinas Parawisata Kota Medan, kontan membuat sang pemilik Kafe Bengkel dan Nongkrong buang badan atau tak mengakui usaha itu miliknya.

Informasi diperoleh hariancentral.com, Kafe Bengkel dan Nongkrong yang tidak memiliki izin operasional itu diduga milik salah seorang oknum Kepala Dinas (Kadis) di jajaran Pemko Medan. Dan oknum Kadis itu disebut-sebut dekat dengan orang nomor satu di Kota Medan yakni Walikota Medan.

Muhammad Husni, yang disebut-sebut sebagai pemilik Kafe Bengkel dan Nongkrong ketika dikonfirmasi hariancentral.com melalui pesan singkat (SMS), Senin (20/3) tidak mengakui usaha yang tidak memiliki izin operasional itu adalah miliknya.

"Kafe Bengkel Jalan Karya Wisata, Medan Johor juga bukan punya saya. Jadi gimana saya menjelaskannya," sebut Muhammad Husni yang kinii menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan itu.

Disinggung soal Kafe Nongkrong Jalan Samanhudi, Medan Maimun. Lagi-lagi Husni mengelak menyebutkan dirinya sebagai pemilik dan sudah tidak ikut bergabung lagi dengan managemen Kafe Nongkrong.

"Kalau Kafe Nongkrong, tanya aja sama manajernya. Saya nggak ikut sudah setahun lebih,"  ucapnya singkat melalu pesan singkat selular, tanpa memberitahu siapa nama manager cafe nongkrong tersebut.

Pengakuan mantan Kepala Dinas Pendapatan (Kadispenda) Kota Medan itu (Muhammad Husni), bersebrangan dengan pengakuan salah seorang pengunjung Kafe Bengkel yang juga kebetulan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemko Medan yang tidak ingin disebutkan namanya.

Kepada hariancentral.com, oknum PNS pemko Medan itu yang juga  menyebutkan, pemilik Kafe Bengkel adalah MH (Muhammad Husni). Namun, dalam struktur kepemilikkan Kafe Bengkel nama MH tidak tercantum, sebaliknya menggunakan nama anggota keluarganya.

"Kafe ini milik atau punya Pak MH. Masa tidak tahu. MH itu orang dekat walikota Medan dan sekarang menjabat sebagai Kadis di jajaran Pemko Medan. Sebelumnya Pak MH itu menjabat Kadis yang kantornya di Jalan AH Nasution Medan (kawasan Asrama Haji). Jadi, ya ngapain pakai izin segala bang,” sebutnya.

Dikatakannya lagi, Kafe Bengkel dan Nongkrong tidak menggunakan nama MH. Melainkan, atas nama pengelola berinisial D. “Agar tidak diketahui pemilik Kafe tersebut, dibuat atas nama D, bukan MH,” sebut pengunjung Kafe yang bekerja sebagai PNS di Jajaran Pemko Medan di Kafe Bengkel belum lama ini.

Tidak Miliki izin

Sebelumnya, Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan, Rakhmat Harahap kepada hariancentral.com menyebutkan, pihaknya tidak pernah pandangbulu dalam menertibkan segala jenis usaha yang tidak menggunakan perizinan Pemko Medan.

Usaha yang tidak memiliki izin operasional, maka akan sangat merugikan Pemko Medan, dalam hal pendapatan Pendatapan Anggaran Daerah (PAD).

"Kita tidak pernah pandangbulu. Memang saat ini kita belum melakukan penertiban, karena sampai saat ini kita masih menunggu Peraturan Walikota (Perwal) tentang Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi). Jadi, setelah ada tupoksi, maka kita pasti tertibkan semua usaha yang tidak menggunakan izin termasuk seluruh cafe yang ada di Kota Medan," tegasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Sarana Dinas Pariwisata Kota Medan, Naimah ketika dikonfirmasi hariancentral.com, melalui pesan singkat selularnya, Rabu (15/3) menyebutkan, dirinya tidak pernah menerima laporan dari stafnya kalau Kafe Nongkrong dan Kafe Bengkel telah mengurus izin operasional.

" Menurut data yang ada sama kita, sampai saat ini kedua Kafe (Nongkrong dan Bengkel) tersebut belum ada izinnya," kata Naimah singkat. *RED


Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: