TEKS FOTO: Objek Wisata Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo. *hariancentral.com-Proklamasi Ginting

TANAH KARRO-hariancentral.com: Pelaksanaan penggunaan Dana Desa 2016 di Desa Tongging  Kecamatan Merek Kabupaten Karo, telah selesai  dilaksanakan. Dalam pengerjaannya , turut melibatkan partisipatif masyarakat untuk bekerja untuk mengurangi tenaga penganguran di desa tersebut.

Sekretaris Desa Tongging Yosmalin Purba kepada  hariancentral.com Sabtu (11/3)  menjelaskan, dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan Dana Desa  memanfaatkan material  batu dan pasir yang ada di desa sehingga masyarakat dapat terbantu dalam segi ekonomi. Selain itu, seluruh kegiatan dilaksanakan sesuai dengan hasil  musyawarah dengan masyarakar desa Tiongging sebelumnya sesuai dengan yang ada didalam Rencana Anggaran Belanja Desa (RABDes).

Adapun penggunaan Dana Desa antara lain, pembuatan jalan rabat beton yang merupakan jalan usaha tani, kegiatan pembuatan sabun sunlaight oleh warga, penyuluhan HIV/Narkoba. ADD 2016 untuk kegiatan  pembangunan tembok Irigasi, pembuatan jalan usaha tani parjal jalan, melibatkan masyarakat untuk  Senam Lansia.

Kegiatan Dana Desa dikoordinir oleh Ketua TPK  Girsang, anggota Ginda Silalahi dan seluruh kegiatan telah selesai dikerjakan. Dengan adanya Dana Desa, semoga  masyarakat dapat menikmati manfaat pembangunan yang telah selesai dikerjakan. Apalagi desa Tongging merupakan salah satu desa Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Karo. Untuk itu, sangat diperlukan penataan disegala aspek demi  menarik para wisatawan lokal maupun wisatawan asing dan hal ini merupakan sumber  asset Pendapatan Asli Daerah bagi Karo.

Sejalan dengan itu, Mangadi Sipakkar (65) warga desa Tongging mengatakan, petani Keramba Jaring Apung (KJA) semenjak  Pemerintah berencana  membangun Otoritas   Kawasan Danau Toba sebagai  Daerah  Objek Wisata. Para petani KJA hingga sekarang tidak lagi mengisi benih ikan di keramba yang ada. Karena sebelumnya telah terjalin  kesepakatan Pemerintah Kab Karo, Otoritas,  TNI-Polri, Kejaksaan agar tidak lagi diisi benih ikan pada KJA di desa Tongging.

Menurutnya,  ada sekitar 200 petak KJA di desa Tongging, Sibolangit dan Sikodon-kodon, tetapi petani KJA lokal ada sekitar 6 orang dan lainnya adalah pendatang. Kami masih menunggu-nungu bagaimana geliat  Otoritas Danau Toba hingga sekarang belum terealisasi pembangunan kawasan  tersebut, ungkapnya. *PRO   




Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: