Bupati Karo Terkelin Brahmana Tinjau Deleng Kutu - hariancentral.com

Breaking

Menyuarakan Kebenaran Demi Keadilan

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, 15 March 2017

Bupati Karo Terkelin Brahmana Tinjau Deleng Kutu


TEKS FOTO: Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dan rombongan saat meninjau Deleng Kutu. *hariancentral.com-Ringo Bayang

TANAH KARO-hariancentral.com: Bupati Karo Terkelin Brahmana SH melakukan peninjauan ke Deleng Kutu (Gunung Kutu) yang berada di antara desa Kaban dan  Gurusinga Rabu (15/3).

Turut serta dalam rombongan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Camat Kabanjahe Gelora Fajar Purba, Bapeda Abel Tarigan,  Kepala Desa Kaban Milala Sembiring, Kepala Desa Gurusinga Sutera Gurusinga, Lurah Padang Mas Budi Mulia Tarigan, Lurah Kampung Dalam Ramli Tarigan, Ketua Karang Taruna Kaban Benta Surbakti dan rombongan Camat Kabanjahe saat meninjau Deleng Kutu.

Menurut Kepala Desa Kaban Milala Sembiring, Deleng Kutu mempunyai sejarah, di dalam Gunung tersebut  ada batu yang bertuliskan NIPPONG 47, yang mecerminkan sejarah sekutu (persekutuan warga Jepang) yang kini dinamai Deleng Kutu.

“Oleh sebap itu Bupati Karo mengharapkan, supaya dipugar dan dilestarikan untuk menjaga salah satu sejarah gunung tersebut,” tuturnya.

“Terkelin Brahmana mengatakan, Deleng Kutu perlu penataan, pemugaran lokasi dan pembangunan infrastruktur jalan, agar dapat menambah destinasi wisata Deleng Kutu di Kabupaten Karo," terangnya. 

Akses jalan ke Deleng Kutu saat ini 4 meter,  menurut Bupati akses ini perlu pelebaran hingga 16 meter sepanjang 7 km. Pelebaran jalan  direncanakan nantinya berupa jalan lingkar yang mengelilingi Deleng Kutu tersebut dan dijadikan jalan tembus dari desa Kaban, bisa keluar ke desa Linga Julu dan bisa tembus ke desa Gurusinga.

“Bupati mengharapkan, dukungan dan kerjasama masyarakat agar bersedia  untuk pembebasan lahan yang terkena pembangunan infrastruktur jalan ke Deleng Kutu,” harapnya.

Bupati menambakan, Deleng Kutu nantinya dijadikan Bumi Hijau dan tempat rekoleksi rohani. “Untuk mempercepat pembangunan infrastruktur jalan, agar Kepala Desa Kaban dan Gurusinga segera mengadakan musyawarah di desa masing-masing terkait pembebasan lahan untuk pelebaran jalan,” sebutnya. *SRS




No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here