TEKS FOTO: Longsor yang terjadi di desa Perbaji dekat jembatan Titi Kambing. *hariancentral.com-Proklamasi Ginting

TANAH KARO-hariancentral.com: Akses Jalan yang menghubungkan Kecamatan Tiganderket ke Kabanjahe tepatnya  di dekat jembatan Titi Kambing di desa Perbaji kembali longsor akibat terkikis banjir lahar Sinabung.  

Bila tidak segera mungkin dilakukan perbaikan oleh Pemerintah Kabupaten Karo, akan memungkinkan arus transportasi yang menghubungkan tiga Kecamatan terancam lumpuh total.

"Sebelumnya, akses jalan ini telah lama mengalami longsor akibat diterjang banjir lahar Sinabung yang datang dari desa Perbaji yang bermuara di Jembatan Titi Kambing, namun hingga saat ini belum juga dilakukan perbaikan oleh Pemerintah," ungkap  Pelawi warga desa Perbaji kepada hariancentral.com Rabu (1/3).

"Lanjutnya, ketika  terjadi hujan deras  beberpa  hari belakangan ini, sehingga arus banjir lahar cepat turun dari atas  lereng gunung  Sinabung melalui desa Perbaji.  Banjir lahar kemudian sedikit demi sedikit terus mengikis samping badan jalan di dekat jembatan titi kambing, membuat  terjadinya longsor," tuturnya. 

Longsor yang sudah ada sebelumnya, kerusakannya semakin parah sehingga membuat para pengguna kendaraan harus berhati-hati ketika melintas.

Marga Bangun warga desa Selandi Lama juga mengatakan, hendaknya Pemerintah Kabupaten Karo lebih memperhatikan kejadian longsor di desa Perbaji. Karena bukan hanya warga desa Perbaji, Selandi Lama saja yang mengalami keluhan akibat longsor ini. 

Tentu bila dibiarkan begitu lama baru dilakukan perbaikan dari Pemerintah, mungkin kerusakannya semakin parah. Bisa-bisa  badan jalan aspal akan amblas ke bawah dikikis air, yang berdampak  bagi warga tiga Kecamatan yakni, Payung, Tiganderket dan Kutabuluh.  

"Besar  kemungkinan  jalur  transportasi bagi warga ketiga Kecamatan ini bisa lumpuh total dan terpaksa menggunakan jalur alternatif dari desa Batukarang,”ungkapnya. *PRO


Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: