TEKS FOTO: Warga bersama Johanna Triposa br Tarigan pada rabat beton  selesai dibangun.*hariancentral.com-Proklamasi Ginting

TANAH KARO-hariancentral.com: Penggunaan Dana Desa 2016 di desa Negeri Jahe Kecamatan Kutabuluh mendapat apresiasi dari masyarakat. Setelah selesai dikerjakan  yang  prioritas untuk  pembangunan fisik, manfaatnya telah dapat dirasakan oleh masyarakat .  

Disamping itu, dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan  Dana Desa peran serta masyarakat ikut dilibatkan untuk bekerja dengan upah yang sesuai ketentuan yang telah diatur oleh Pemerintah. Dengan sendirinya  tenaga penganguran yang ada di desa akan menjadi berkurang.

Pj Kepala Desa Negeri Jahe Kecamtan Kutabuluh Johanna Triposa  br Tarigan Sabtu (18/02) kepada hariancentral.com mengatakan, pembangunan fisik  Dana Desa Silpa 2015 dan Dana Desa, ADD, Dana Bagi Hasil (DBH) 2016 di desa Negeri Jahe telah selesai dikerjakan. Antara  lain, Pembuatan 2 unit sumur bor, rabat beton jalan ke Permukiman Baru dan Sungai, pembelian ATK Kantor dana Silpa 2015.

"Namun Dana Desa, DBH, ADD 2016 digunakan untuk pembuakaan jalan Ladang Jenggorap, rabat beton jalan sentra produksi juma Long-Long, rabat beton sentra produksi juma  Paya Mbentar, rabat beton sentra  produksi uruk Kambing,  jalan sentra produksi uruk Pacinta, jalan sentra produksi  Jenggorap Atas, jalan sentra produksi menuju kamar mandi dusun I,  pembangunan saluran drainase kamar mandi dusun I,  Pembuatan tangga menuju Balai Desa, pembangunan saluran drainase ke dusun I, pembangunan saluran drainase samping Balai Desa menuju kamar Mandi dusun II. Selain itu, dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkades di desa Negeri Jahe terserap dana desa  sekitar 6 juta," terangnya.

Menurutnya, terlaksananya kegiatan pembangunan Dana Desa tidak terlepas dari kerjasama yang baik dengan para Ketua  TPK Basmi Tarigan,  Lemah Manihuruk,  Model Sembiring, Juara Ginting serta bendahara  Isnaniah br Karo.

Ratna br Barus(47) warga desa Negeri Jahe menuturkan, kami sudah dapat merasakan manfaat Dana Desa yang diberikan Pemerintah ke desa kami ini. Karena sebelum ada dana desa, jalan  pertanian didesa Negeri Jahe masih banyak menggunakan jalan setapak atau jalan tanah. Belum bisa dilalui dengan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk membawa hasil pertanian dari ladang menuju desa. 

"Setelah adanya Dana Desa yang diberikan Pemerintah pembangunan di desa kami sudah berangsur baik. Jalan menuju perladangan juga sudah mulai bagus untuk dilalui menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Membawa hasil pertanian juga kami sudah dapat terbantu, tidak lagi harus dipikul dan kendaraan juga sudah bisa masuk sampai di ladang," ucapnya. *PRO



Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: