MEDAN-hariancentral.com: Untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus surat izin mengemudi (SIM), Pol­restabes Medan sudah menyiapkan sistem pengurusan via online.
Untuk di Sumut, Polrestabes Medan menjadi polres pertama yang menerapkan sistem ini.

"Iya sudah mulai berlaku. Khusus peng­urusan SIM secara online untuk wilayah hu­kum Poldasu, Polrestabes Medan yang menjadi pilot project (pelopor)," jelas Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Indra Warman (foto), ketikan dikonfirmasi wartawan, baru-baru ini.

Lebih jauh, pembuata SIM via online ini, selain sebagai wujud peningkatan pe­layanan pada masyarakat juga diharapkan dapat menghindari kemungkinan terjadinya pungutan liar (pungli). Sebab, sistem online akan sedikit mengurangi kontak fisik lang­sung antara pemohon SIM dengan petugas.

"Program SIM online ini dilakukan seb­agai upaya untuk menghindarkan masyara­kat dari 'sentuhan' para calo. Selain itu, ini juga sebagai bentuk peningkatan pelayanan pada masyarakat," ucapnya.

Bagi masyarakat yang ingin mengurus SIM secara online, sambung Indra Warman, dapat mengakses laman http://sim.kor­lantas.polri.go.id. Dari laman ini masya­rakat dapat mendaftarkan diri mengurus SIM semua kelompok (golongan).

"Masyarakat tinggal mengikuti tata cara yang telah disediakan sistem sesuai dengan wilayah pembuatannya. Setelah mendaftar, masyarakat tinggal datang ke kantor sat­lantas untuk meng­ikuti ujian maupun test mengemudi," tukasnya. *RED
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: