Pemilik 7,35 Gram Sabu-Sabu Divonis 9 Tahun Penjara

Share it:


TEKS FOTO: Irwansyah alias Goceng berdiri di ruang sidang untuk mendengarkan pembacaan vonis oleh hakim. *hariancentral.com-Syamsul Bahri Star.

PANCURBATU-hariancentral.com: Irwansyah alias Goceng (20) pemilik sabu-sabu seberat 7,35 gram dijatuhi hukuman penjara selama 9 tahun ditambah denda sebesar Rp 1 miliar atau subsidair 3 bulan kurungan penjara. 

Hukuman tersebut berdasarkan pertimbangan hakim tunggal Yanti Suryani SH MH pada sidang hari Rabu (8/2/2017) di Pengadilan Negeri Lubukpakam yang bersidang di Pancurbatu. 

Perbuatan Goceng dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah sebagaimana diatur dalam pasal 112 ayat (2) UURI No.35 Tahun 2009 tentang narkotika golongan 1 bukan tanaman yakni sabu-sabu.

Pada sidang sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dicky Wirawan Sitinjak SH mengajukan tuntutan agar hakim menghukum terdakwa Goceng selama 12 tahun penjara, denda Rp 1 miliar atau subsidair 3 bulan kurungan penjara. 

Setelah mendengar penjelasan dari hakim Yanti Suryani yang menyatakan hukuman tersebut sudah ringan dilihat dari barang bukti sabu-sabu yang mencapai 7,35 gram yang dapat menghancurkan generasi bangsa yang jumlahnya cukup besar, Irwansyah pun akhirnya menerima putusan hakim.

Berdasarkan keterangan saksi-saksi, barang bukti maupun keterangan terdakwa, terungkap bahwa pria warga Jalan Bukti Luhur, Pasar 2 Dwikora Helvetia, Kecamatan Sunggal, Deliserdang, ditangkap aparat kepolisian Kamis, 11 Agustus 2016. Ketika itu Goceng melintas mengendarai sepedamotor. Sesampai di kawasan Jalan Stasiun, Desa Lalang, Kecamatan Sunggal ditangkap polisi yang sebelumnya sudah menerima informasi dari masyarakat tentang perbuatan terdakwa.

Begitu polisi menghentikan Goceng, ditemukan barang bukti dari kantongnya narkotika jenis sabu-sabu seberat 7,35 gram. Dari pengakuan Goceng, sabu-sabu tersebut diperolehnya dari seseorang yang rencananya untuk diberikan kepada orang lain. Namun sebelum sempat menerima hasil dari narkotika tersebut, Goceng sudah duluan ditangkap polisi. Bersama barang bukti Goceng diboyong ke komando untuk diproses lebih lanjut, hingga akhirnya sampai ke pengadilan.

Hal yang memberatkan bagi Goceng karena tidak mendukung program pemerintah dalam memerangi narkotika dan merusak generasi bangsa yang begitu banyak. Hal yang meringankannya karena bersikap sopan selama mengikuti persidangan, menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang sama dikemudian hari. *STAR-UBR
 

Share it:

daerah

Narkoba

NEWS

Post A Comment:

0 comments:

Babinsa Kramat Sukoharjo Koramil 0824/16 Tanggul Dampingi Pembangunan Bak Penampungan Air Bersih

JEMBER-hariancentral.com: Kondisi cuaca kemarau ini mulai ada upaya beberapa daerah ketinggian untuk berbenah dalam pengelolaan air...