Kodim 0205 Tanah Karo-Koramil 05 Payung Tanam Padi Di Batukarang - hariancentral.com

Breaking

Menyuarakan Kebenaran Demi Keadilan

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, 23 February 2017

Kodim 0205 Tanah Karo-Koramil 05 Payung Tanam Padi Di Batukarang

TEKS FOTO: Koramil 05 Payung bersama Petani Tanam Padi di Batukarang. *hariancentral.com-Proklamasi Ginting.

TANAH KARO-hariancentral.com: Untuk mendukung serta mensukseskan program Pemerintah Presiden Joko Widodo dalam Ketahanan Pangan Nasional menuju Swasembada Beras, Kodim 0205 Tanah Karo-Koramil 05 Payung melakukan penanaman padi Serentak Kamis (23/02) di Desa Batukarang Kecamatan Payung.

Pada kesempatan itu dihadiri Danramil 05 Payung Kapt Arh E Perangin-angin, Perwakilan Camat Payung, Serma R Barus, Babinsa, Kepala UPTD  Pertanian  Yan Pandi Ginting, PPL  Lidia br Surbakti, Kepala Desa  Batukarang Roin Andreas Bangun, Ketua Kelompok Tani  Sawah Panggung Baru  Dani Bangun, dan anggota Kelompok Tani.

"Kapt Arh E Perangin-angin kepada hariancentral.com mengatakan, penanaman padi sawah di desa Batukarang terus dilakukan secara berkesinambungan sesuai dengan target pencapaian Koramil 05 Payung seluas 250 hektar. Sedangkan padi jenis Ciherang yang kita tanam bersama warga petani yang sedang kita laksanakan luasnya 1,5 hektar pada sawah milik Camat Sitepu di desa Batukarang." sebutnya.

Padi jenis Ciherang sangat cocok dan tepat ditanam di persawahan Batukarang, dengan alasan tahan terhadap serangan hama penyakit, tahan terhadap kekeringan air dan hasil panen sebelumnya telah terbukti  lebih  memuaskan bila dibandingkan dengan jenis padi sawah lainnya.

Lanjutnya, yang menjadi kendala dalam penanaman padi di desa Batukarang adalah masalah kurangnya bibit/benih padi jenis Ciherang. Namun  pasokan air untuk mengairi sawah hingga sekarang masih lancar dan cukup dan tetap diawasi oleh Muspika Kecamatan Payung agar masayarakat tetap berkesinambungan melakukan penanaman padi di sawah Batukarang.

Apabila selama saluran irigasi dari desa Torong ke desa Batukarang diperbaiki, maka masyarakat petani desa Batukarang, Rimokayu, Payung, Selandi,  Jandimeriah dapat melaksanakan bercocok tanam padi secara serentak pada areal persawahan yang mencapai 750 hektar. 

"Namun apabila debit air dari desa Torong ke Batukarang  macat atau kurang  akibat parit tersumbat, maka masyarakat dalam melakukan penanaman padi waktunya beraneka ragam, bergelombang secara silih berganti. Tidak lagi mengikuti aturan pola tanam secara serentak antara sawah Panggung Baru dan Pangung Lama di desa Batukarang tersebut,”cetus Perangin-angin. *PRO




No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here