Kementrian LHK Kunjungi Hasil Pengolahan Kompos

Share it:


TEKS FOTO: Rombongan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI bagian Pusat Pelatihan Masyarakat melakukan kunjungan ke Kube Lalang Mandiri Kelurahan Lalang Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi. *hariancentral.com-ist


TEBINGTINGGI-hariancentral.com: Rombongan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), bagian Pusat Pelatihan Masyarakat RI, melakukan studi banding pada pengolahan pupuk kompos dan pertanian sayur milik warga Kube Lalang Mandiri di Kelurahan Lalang Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi, Kamis (16/2).

Kepala rombongan, Ibu Nadia Maulina mengatakan, kunjungan  dilakukan untuk mempelajari hasil pengolahan pupuk kompos yang bersumber dari sampah limbah masyarakat yang organik yang dipermentasikan hasil olahan sampah tadi menjadi pupuk Kompos dan dipergunakan Untuk pupuk tanaman sayuran di kelompok tani.

"Kami dari Pusat Pelatihan Masyarakat Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, akan membawa peserta pelatihan untuk wilayah Sumut ke pengolahan bank sampah ini untuk belajar cara pembuatan Kompos limbah sampah rumah tangga," terang Nadia.

Bukan hanya belajar membuat pupuk kompos saja, tetapi kelompok pertanian dalam lokasi sempit bisa memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk menjadi lahan produktif, seperti pengembangan pertanian urban farming. 

Pupuk kompos bisa dijual kepada masyarakat dengan harga murah dan masyarakat bisa menghasilkan pertanian sayur mayur yang sifatnya tanaman organik.

"Bila nantinya masyarakat perkotaan bisa memanfaatkan lahan perkarangan yang sempit menjadi lahan pertanian yang produktif, itu sudah bisa mengangkat derajat warga miskin untuk tidak miskin lagi. Pelatihan secara lapangan ini, bisa membuka wawasan masyarakat untuk lebih baik membantu peningkatan ekonomi keluarga," ungkapnya.

Camat Rambutan Zubir Husni Harahap menyatakan, siap menerima kunjungan peserta dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk belajar langsung mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos serta pemamfaatan bagi tanaman itu sendiri. 

"Intinya kami siap menerima dan mengajarkan bagaimana mengolah pupuk Kompos serta pemamfaatan bagi tanaman itu sendiri," jelas Zubir. *RED



Share it:

daerah

Kolom SKPD

NEWS

RAGAM

Post A Comment:

0 comments:

Babinsa Kramat Sukoharjo Koramil 0824/16 Tanggul Dampingi Pembangunan Bak Penampungan Air Bersih

JEMBER-hariancentral.com: Kondisi cuaca kemarau ini mulai ada upaya beberapa daerah ketinggian untuk berbenah dalam pengelolaan air...