TEKS FOTO: Camat Payung Jepta Tarigan dan Plt Camat Tiganderket Sukur SH ketika menyerahkan usulan Musrenbang kepada Mara Karmina br Brahmana ST MT. *hariancentral.com-Proklamasi Ginting.

TANAH KARO-hariancentral.com: Musrenbang Kecamatan Payung dan Tiganderket dilaksanakan Senin(20/2) pukul 09.00 WIB bertempat di Losd Desa Payung.

Musrenbang ini dihadiri  Plt Kepala Bappeda Karo  Abel Tarwai Tarigan S Sos MT, yang diwakili Kasubdit Litbang Mara Karmina br Brahmana ST MT, Plt Kadis Pemberdayaan Mayarakat dan Desa Ir Nasib Sianturi MSi, yang mewakili SKPD Karo lainnya, Anggota DPRD Karo Lusia br Sukatendel, Camat Payung Jepta Tarigan SSos, Plt Camat Tiganderket Sukur SH,  Danramil 05 Payung Kapt E Perangin-angin, Kapolsek Payung  diwakili  Aiptu  Raju  Pelawi, para Kepala UPTD Kecamatan Payung dan Tiganderket, para Kades, Sekdes, BPD, dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Payung dan Tiganderket.

Mara Karmina br Brahmana ST MT, pada kesempatan itu menyampaikan Pidato Bupati Karo Terkelin Brahmana SH yang mengatakan, sebagai acuan kegiatan ini adalah mekanisme penyelenggaraan perencanaan pembangunan  berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembagunan Nasional. Sebagaimana  telah diamanatkan dalam Undang-Undang tersebut, Pemerintah Kabupaten Karo bersama DPRD mengemban tugas untuk menyusun dokumen perencanaan pembangunan yang diharpkan mampu  menjadi rujukan dalam penetapan kebijakan pembangunan.

Untuk itulah setiap tahunnya kita menyusun rencana tahunan pembangunan dalam bentuk dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), dimana salah satu medianya adalah Musrenbang Kecamatan yang sekarang ini kita laksanakan.Musrenbang Kecamatan kali ini diharpkan mampu mewadahi dan menggali partisipasi masyarakat dan pelaku pembangunan tingkat Kecamatan untuk menyusun perencanaan pembangunan tahun 2018 sesuai dengan arahan dan kebijakan umum pembangunan Daerah Kabupaten Karo.

Lanjutnya, Paradigma system perencanaan telah berubah dari yang semula bersifat konvensional yang semuanya diatur oleh Pemerintah, sekrang telah beralih kearah perencanaan partisipatif. Yang sudah tentu peka terhadap dinamika perubahan dan kebutuhan masayarakat, karena melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Kita menyadari bahwa kualitas dan keterpaduan perencanaan sangat menentukan capaian kualitas kinerja pembangunan. 

Untuk itu pada tahun 2018 yang akan datang, Tema Daerah Kabupaten Karo tahun 2018 adalah Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi  Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah Serta Mengurangi Kemiskinan Melalui Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik dan Bersih (Good Governance And Clean Government) dengan rumusan sementara prioritas pembangunan daerah.

Pengembangan Kapasitas, Produktivitas dan daya Saing Koperasi dan UMKM, Pengembangan Pariwisata berbasis budaya, potensi lokal dan berwawasan lingkungan, Peningkaan daya saing produk pertanian, Peningkatan pelayanan kesehatan sesuai dengan standard kreditas, peningktan kuaitas pendidikan, Peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur yang merata, Peningkatan pengarusutamaan gender dan perlindungan anak, Penanggulangan kemiskinan, Peningkatan daya saing dan kualitas pelayanan publik melalui penguatan kelitbangan  serta inovasi daerah dan Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Mara Karmina br Brahmana ST MT mengharapkan, agar musrenbang Kecamtan 2017 ini benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para peserta musrenbang Kecamatan, dengan menentukan skala prioritas sesuai daftar kebutuhan dan bercermin pada kemampuan yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Karo.

"Mengingat banyaknya usulan yang diterima dari masayarakat sehingga tentunya tidak semua usulan dapat diwujudkan mengingat keterbatasan dana APBD Kabupaten Karo, mudah-mudahan pada kesempatan tahun berikutnya usulan tersebut dapat direalisasikan," ungkapnya. *PRO



Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: