TEKS FOTO: Truk Pengangkut Sawit Melintas Saat Menuju PKS. *hariancentral.com-E Panjaitan

SIMALUNGUN-hariancentral.com: Dinas Perhubungan Pemkab Simalungun akan memasang portal larangan melintas bagi truk pengangkut barang di jalan-jalan strategis Kabupaten.Pemportalan tersebut untuk mengantisipasi akan kerusakan jalan khususnya yang ada di kawasan perkebunan.

Namun sebelum pemasangan portal dilakukan menurut Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Simalungun, Ramadani Purba pihaknya akan memasang  rambu larangan melintas bagi truk yang melebihi kapasitas jalan Kabupaten atau klasifikasi III C dengan berat maksimal 8 ton.

Jika nantinya setelah rambu dipasang truk pengangkut barang tetap membandel, Dinas Perhubungan Pemkab Simalungun akan memasang portal larangan melintas bagi truk pengangkut hasil perkebunan atau truk barang di sejumlah jalan Kabupaten terutama kawasan perkebunan dan PKS,” sebut Ramadani.

Pemasangan portal yang akan dilakukan Dinas Perhubungan pada  Kecamatan Bosar Maligas,Pematang Bandar, Bandar dan Tapian Dolok.

Ramdani menambahkan, pihaknya sudah menyurati perkebunan dan PKS di Kabupaten Simalungun untuk tidak lagi menggunakan truk yang kapasitas muatannya melebihi jalan Kabupaten untuk mengangkut hasil perkebunan,karena merupakan salah satu pemicu kerusakan jalan Kabupaten.

Anggota DPRD Simalungun, Mansur Purba mendukung penerbitan pelarangan yang melintasi jalan Kabupaten untuk kenderaan atau truk pengangkut barang melebihi kapasitas.

 Dinas Perhubungan memang harus bisa bersikap tegas menertibkan kenderaan yang melintasi jalan Kabupatan, melebihi kapasitas yang telah ditentukan, karena yang dirugikan bukan hanya masyarakat tapi pemerintah daerah ,” ujar  Mansur. *RED



Share To:

Harian Central

Post A Comment:

0 comments so far,add yours