Didanai Dana DD dan ADD RP 377.935.000 : PLTMH Desa Salabulan Tak Berberfungsi

Share it:
SIBOLANGIT-hariancentral.com: Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Matahari (PLTMH) Desa Salabulan senilai RP 377.935.000 tidak bisa dimanfaatkan warga.

Pasalnya, proyek yang didanai dari Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) desa Salabulan tahun 2016 ini tidak bisa difungsikan.

Aktivis LSM Peduli Rakyat (Perak) Kabupaten Deli Serdang Melodi Bukit, menilai adanya kejanggalan dalam proyek itu. Kepada hariancentral.com Melodi dan R Sembiring mengatakan, pengerjaan proyek oleh TPK Desa Salabulan Alidin Sembiring tidak sesuai dengan rencana kerja. Pembangunan PLTMH tidak sesuai dengan harapan masyarakat desa Salabulan, selain waktu pekerjaan molor hasilnya juga tidak bisa dimanfaatkan warga.

"Anggaran yang tertanam di proyek ini relatif tinggi, tapi sayangnya tidak berfungsi, jadi untuk apa dikerjakan," kata R Sembiring

R.Sembiring juga menduga adanya tindak korupsi dalam pembangunan instalasi PLTMH di desa Salabulan, dijelaskannya, meski telah menggunakan anggaran dari Dana Desa, pemerintah desa Salabulan juga mengutif biaya kepada warga sebesar RP 600.000 per Kepala Keluarga.

" jika sudah didanai Dana Desa, mengapa harus membebankan warga lagi?," kata Melodi.
Untuk itu ia minta dinas terkait Inspektorat  Kabupaten Deli Serdang, Kejaksaan Negeri Lubuk Pakam bahkan BPKP Sumut untuk mengaudit penggunaan Dana Desa di Desa Salabulan tahun 2016.

"Banyaknya  bangunan yang tidak berfungsi dan terbengkalai, karena desa kami jauh dan terpencil tim pegawas Pemda, media masa dan LSM  jarang sekali  memantau pekarjaan pembagunan di desa sehingga aparat desa sesuka hati megarjakan pekerjaan pembagunan dan tidak pernah memikirkan kualitas bangunan kecuali memikirkan untung pihak tertentu," sebutnya.

Kepala desa Salabulan, Lebih Tarigan yang dikonfirmasi membenarkan PLTMH itu belum berfungsi hal ini kata Kades disebabkan adanya ganguan alam sehingga merusak bendungan, "belum berfungsi karena terjadi bencana alam, dan untuk pembangunan instalsi telah selesai," kata Lebih Tarigan.

Sementara tentang kutipan Rp 600.000 per Kepala Keluarga juga dibenarkan Kades, dana itu katanya untuk pengganti (uang terimakasih) kepada masyarakat di dusun 3 Desa Salabulan yang sebelumnya telah membangun bendungan. *FER
Share it:

daerah

NEWS

Pemkab

Post A Comment:

0 comments:

Babinsa dan PPL Dampingi PokTani Makmur Tanam Padi Menggunakan Transplanter

JEMBER-hariancentral.com: Tugas Pendampingan Babinsa bersama PPL merupakan bagian dari Upaya Khusus (Upsus) Program Ketahanan Panga...