DD Ciptakan Jalan Sentra Produksi Lancar Desa Lau Buluh

Share it:
TEKS FOTO: Rabat beton Juma Kenjulu ke Tangkisen Menci di Desa Lau Buluh. *hariancentral-Proklamasi Ginting.

TANAH KARO-hariancentral.com: Adanya Dana Desa (DD) yang dikucurkan Pemerintah Pusat , sangat  bermanfaat  dalam membangun Desa-Desa kearah yang lebih baik lagi secara merata.  Masyarakat juga secara langsung dapat menikmati hasil pembangunan yang dananya diberikan Pemerintah secara Swakelola oleh  Pemerintah Desa masing-masing.

Pj Kepala  Desa Lau Buluh Kecamatan Kutabuluh Pelantina br Tarigan kepada hariancentral.com Selasa (21/02) menjelaskan,  masyarakat Desa Lau Buluh  mayoritas petani dengan mengandalkan  hasil bertani dari  lahan pertanian yang rata-rata letaknya miring bagaikan  lereng gunung.  

Tanahnya memang subur untuk ditanami berbagai jenis tanaman, antara lain jagung, padi, cabai  dan tomat. Mereka rata-rata dalam membawa hasil pertanian dari ladang harus dipikul, karena tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Disamping itu, masih banyak lagi lahan produksi pertanian yang sekian lama tertidur karena jalannya  tidak memadai atau jalan setapak.

 Menurut Pelantina, setelah adanya Dana Desa yang diberikan Pemerintah sejak 2015, jalan sentra produksi pertanian  masyarakat telah dibuka. Dalam membawa hasil pertanian masyarakat sudah bisa menggunakan kendaraan roda empat Toyota Hartop.  

Adapun  Dana Desa Silpa 2015 digunakan untuk Pembukaan jalan ke ladang  Lau Nggalam sepanjang 1,5 km lebar 3 meter, ke jalan ladang Deleng Lulok sepanjang 1 km lebar 3 meter, Rabat beton jalan Desa 100 meter lebar  1,5 meter, penyisipan jalan lingkar Desa 300 meter lebar 2,5 meter menghabiskan dana sebesar  Rp 135.317.946.

Dana Desa, ADD  dan DBH 2016 digunakan untuk  pembukaan jalan Medan Pamah sekitarnya  sepanjang 4 km lebar 3 meter, rabat beton Uruk Mbetung ke juma Medan 130 meter lebar 3 meter tebal 15 cm, membuat tembok penahan jalan Uruk Mbetung ke juma Medan panjang 15 meter tinggi 1 meter tebal 20 cm,  rabat beton Lau Muning ke Buluh Laga 130 meter lebar 3 meter tebal 15 cm, rabat beton Lau Nggalam ke juma Biru 140 meter lebar 3 meter tebal 15 cm, pembuatan  bak sampah ukuran 3 x 3 x 2 meter, rabat beton juma Ronding 140 meter lebar 3 meter tebal 15 cm, rabat beton ke juma Kenjulu ke Tangkisen Menci 40 meter lebar 3 meter tebal 15 cm.

Selain itu katanya, digunakan untuk membeli peralatan inventaris kantor, biaya operasional BPD berupa ATK, membeli peralatan olah raga Karang Taruna, untuk Posyandu, peningkatan gizi bagi Lansia, membantu pelaksanaan Pilkades, dan sebagainya dengan menghabiskan dana total sebesar Rp 873.343.946,-

"Seluruh kegiatan ini dikoordinir oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) sebagai Ketua  Darma Perangin-angin, Bebas Ginting, Jonang Perangin-angin, Robbi Sitepu, Rikwan Pinem, Rabun Sebayang, Ersada Karo-Karo, Kemenangan Sembiring, Rinton Ginting, Asli Sembiring, Efendi Ketaren, Ramalan Sembiring, bendahara Netti Hairani br Perangin-angin, Ketua BPD Lenni br Ginting. Dalam kegiatan ini kita melibatkan  warga bagi yang mau bekerja dengan upahan yang sesuai," ungkapnya. *PRO




Share it:

daerah

NEWS

Pemkab

Post A Comment:

0 comments:

Babinsa Kramat Sukoharjo Koramil 0824/16 Tanggul Dampingi Pembangunan Bak Penampungan Air Bersih

JEMBER-hariancentral.com: Kondisi cuaca kemarau ini mulai ada upaya beberapa daerah ketinggian untuk berbenah dalam pengelolaan air...