Kebiasaan Anggota DPRD Medan Jelang Imlek

Share it:
MEDAN-hariancentral.com: Anggota DPRD Medan, Wong Chun Sen mengatakan, ada kebiasaan yang tak mungkin terlupa tiap kali menyambut tahun baru imlek. Kebiasaan itu adalah membuat seluruh sudut rumah menjadi rapi dan bersih.

"Saya sedang cat rumah sekarang, tetapi dengan niatnya hati dan diri juga bersih," kata Wong Chun Sen, Selasa (17/1).

Menurutnya, ritual ini adalah perumpamaan menghilangkan seluruh kotoran yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Kemudian, tak lupa dia dan keluarga juga menyucikan semua patung sesembahan dengan memandikan.

Patung-patung dimandikan dengan bunga dan baju yang dipakaikan juga wajib ditukar. Pada malam menjelang imlek, politisi PDIP ini bersama keluarganya berangkat ke vihara dan melakukan sembahyang.

Lalu, sambungnya, ada ritual yang disebut mengantarkan dewa-dewi ke khayangan. Tepat di hari keempat imlek, keluarga mengundang dewa kembali masuk ke dalam rumah.

"Namun yang selalu saya nantikan adalah berkumpul dengan anggota keluarga yang berada di Kota Medan dan sekitarnya. Kami melepaskan rindu saat perayaan imlek," ujar Wong.

Kebiasaan lain yang tak luput adalah pemberian ampau kepada anggota keluarga yang lebih muda dan belum menikah. Menurutnya, warna merah pada ampau memiliki makna kesehatan dan rezeki.

"Kami pasti berkunjung di hari pertama kepada orang tua di luar rumah atau berkunjung kepada anggota keluarga yang lebih tua. Ada sebagian teman-teman yang sengaja mengundang rekanan untuk open house. Tetapi ingat, hari pertama imlek tak boleh membersihkan rumah, tak boleh sapu rumah, itu pantang, nanti sial. Kami kembali buka toko pada hari keempat," tandas Wong.


Listrik dan Keamanan

Anggota DPRD Medan, Wong Chun Sen, meminta Pemerintah Kota Medan agar berkoordinasi dengan aparat keamanan demi meningkatkan kenyamanan dan keamanan masyarakat saat tahun baru imlek.

"Sebab, Kota Medan masih rawan perampokan dan pencurian, semoga kondisi aman dan nyaman terjadi saat imlek juga seterusnya. Pemko harus berkoordinasi dengan pihak keamanan," kata Wong Chun, Selasa (17/1).

Selain itu, dia juga berharap agar PLN bisa menjamin kesediaan pasokan listrik untuk masyarakat Kota Medan, mengingat tidak sedikit warga yang merayakan tahun baru imlek.

Terkait makna Tahun Ayam Api, politisi PDIP ini menilai, akan ada kemajuan dari sisi ekonomi dan semangat, sehingga doa masyarakat turut membantu agar Kota Medan tetap adil, makmur dan sentosa.

"Pemuda semangat bekerja, anak semangat belajar dan pengusaha semangat berbisnis. Ini maknanya semangat yang membara," papar Wong.*ADC

Share it:

Medan

NEWS

Wakil Rakyat

Post A Comment:

0 comments:

Iklan Layanan Masyarakat

Medan-Hariancentral.com: