BPBD Karo Apresiasi Latihan Musik Dan Tari Tradisional Bagi Pengungsi

Share it:

TEKS FOTO: Anak Pengungsi Posko Terong Peren Saat Latihan Musik Dan Tari Tradisional. *hariancentralcom-proklamasi ginting s 

TANAH KARO-hariancentral.com: Pemerintah Kabupaten Karo melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) turut mengapresiasi  berupa  trauma healing bagi  anak pengungsi Sinabung di Karo, melalui pelatihan musik dan tari tradisional Karo.  

Disamping memulihkan mental para anak pengungsi Sinabung yang telah trauma akan bencana erupsi Sinabung, juga para anak-anak  diajak kreatif  berlatih  musik serta tari tradisional Karo. Karena pada usia muda terutama para murid SD, siswa SMP sangat penting ditanamkan rasa kecintaan terhadap music dan tari tradisional Karo, agar tidak luput dari kepunahan pengaruh kemajuan teknologi serta kebudayaan asing.

Pelatih tari tradisional Karo Yusnadelphina br Tarigan didampingi pelatih musik tradisional Karo Paul M Silalahi ketika ditemui hariancentral.com saat mendidik anak-anak pengungsi di Posko Gudang Konco Terong Peren Kecamatan Tiganderket  Jumat (20/1) menjelaskan,  bahwa  anak-anak pengungsi Sinabung perlu diberikan pelatihan musik dan tari tradisional Karo.  

Musik dan tari Tradisional sangat perlu dilestarikan agar tidak terancam dari kepunahan. Dengan adanya  kegiatan latihan musik dan tari tradisional mental mereka akan kembali pulih karena telah trauma akan bencana erupsi Sinabung yang masih berkepanjangan. 

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan mereka akan terhindar dari kenakalan remaja dan menjauhi  penyalahgunaan barang haram Narkoba.

Menurut Paul M Silalahi kegiatan ini  direncanakan  dilaksanakan untuk setiap posko pengungsi yang ada di Karo secara berjadwal.  

Latihan Musik dan Tari Tradisional yang telah selesai dilaksanakan yaitu bagi  warga desa Sukameriah, Simacem dan Bekerah yang telah direlokasi di desa Siosar sebanyak 24 kali pertemuan setiap  hari Rabu dan Jumat.

Pelatihan ini difasilitasi oleh BPBD Karo setelah mendapat persetujuan dari Bapak Bupati Karo Terkelin Brahmana SH.  

"Untuk itu,  kami  tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Kepala BPBD  Karo Martin Sitepu serta Sarman Tarigan yang turut  mendukung pelaksanaan ini," ungkapnya. *PRO



Share it:

daerah

NEWS

RAGAM

Post A Comment:

0 comments:

Iklan Layanan Masyarakat

Medan-Hariancentral.com: