Banjir Lahar Sinabung Sapu Desa Sukatendel

Share it:


TEKS FOTO: Tampak anggota Koramil serta warga membersihakn matrial disepanjang jalan di Sukatendel. *hariancentral.com-proklamasi ginting

TANAH KARO-hariancentral.com: Hujan deras yang intensitasnya  cukup  tinggi  yang terjadi  Rabu (18/1) sekitar pukul 15.00 WIB, memicu terjadinya banjir lahar Sinabung begitu cepat turun kebawah menyabu desa Sukatendel Kecamatan Tiganderket.

Pasca kejadian itu,  beberapa rumah warga  desa Sukatendel  menjadi  terendam  air maupum matrial lumpur.  Akses jalan dari Tiganderket menuju Kutabuluh sempat lumpuh total sekitar 1 jam lamanya akibat derasnya arus air  yang ditaksir tingginya mencapai lebih kurang 1 meter.

Setelah kejadian itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Wakil Bupati Corry Sebayang, Dandim 0205 TK  Letkol Inf. Agustatius Sitepu serta para sejumlah SPKD  Pemkab Karo langsung melakukan peninjauan ke lokasi terjadinya banjir lahar di Desa Sukatendel. Selain itu, Pelaksana Camat Tiganderket Sukur SH,  Danramil 05 Payung Kapt. Arh. E. Perangin-angin, Kepala Desa Sukatendel Dewanto Perangin-angin turut mendampingi rombongan Bupati Karo meninjau lokasi banjir tersebut.

Kepala Desa Sukatendel  Dewanto Perangin-angin ketika dikonfirmasi hariancentral.com menjelaskan, ada beberapa rumah yang dihuni warga terendam  banjir serta lumpur diantaranya, rumah  Darpin Sinaga (35), Darma Kaban (45),  Markus Bangun (32)  dan masih ada rumah warga yang lainnya ikut terndam air. Selain itu,  sekitar 5 hektar areal pertanian warga desa Sukatendel juga ikut disapu banjir lahar dingin. Tanaman warga  juga ikut menjadi hancur akibat keganasan banjir lahar Sinabung diantanya, tanaman bawang  merah, pepaya, padi dan lain sebagainya.

Syukur Zebua salah seorang warga desa Sukatendel memgaku, ada sekitar 2500 meter areal pertanian miliknya yang sedang dtanami bawang merah sudah rata digulung banjir lahar yang terjadi sore itu. Dia mengaku, kerugian dialaminya  cukup banyak mencapai puluhan juta rupiah yang selama ini dia harapkan untuk biaya sekolah anak dan kebutuhan hidup keluarganya.

Menurut informasi yang dihimpun hariancentral.com, sejauh ini pasca kejadian banjir lahar tidak ada memakan korban jiwa, baik kendaraan yang melintas tidak ada yang terjebak baniir tersebut.

Untuk mengatasi   kemacetan  serta kelancaran arus lalu lintas dari Tiganderket ke Kutabuluh, Anggota Koramil 05 Payung dibantu beberapa warga setempat melakukan pengorekan maupun pembersihan matrial yang berserakan disepanjang jalan sehingga arus lalulintas menjadi lancar. *PRO


Share it:

daerah

NEWS

RAGAM

Post A Comment:

0 comments:

Iklan Layanan Masyrakat

MEDAN-hariancentral.com