24 Unit Bangunan Perumahan Di Jalan Puskesmas Tidak Memiliki IMB: Walikota Diminta Copot Kadis TRTB Medan

Share it:

TEKS FOTO: Sedikitnya 24 unit bangunan yang tidak memiliki IMB di Jl Puskesmas Medan.*hariancentral.com-irwan manalu


MEDAN-hariancentral.com: Sebanyak 24 unit bangunan komplek perumahan minimalis di Jalan Puskesmas/Jalan Pendidikan, Kecamatan Medan Sunggal berdiri tegak diduga tidak memiliki SIMB (Surat Izin Mendirikan Bangunan). Namun hanya mengantonggi resi SIMB dari pihak Dina Tata Ruang dan Bngunan (TRTB) Medan.

Ketika wartawan menyambangi komplek perumahan tersebut, salah seorang yang bernama Arman mengaku sebagai Pengawas komplek perumahan itu mengaku perumahan yang sedang ditanganinya sudah memiliki SIMB. "Yang mengurus SIMB bangunan ini adalah Wartawan Pemko Medan yang berinisial LR, kalau SIMB belum ada tapi kalau surat resinya ada," terang Arman.

Dijelaskan Arman, pihak pengembang memberikan uang kepada LR untuk mengurus SIMB dan dia meminta upah untuk 1 unit rumah dikenakan Rp800 ribu dan jika dikalikan 24 unit rumah tersebut totalnya Rp19.200 juta.

"Telpon saja dia langsung, karena dia yang mengurus semuanya," pungkasnya sembari memberikan nomor HP LD 0813962xxxxx.

Amatan dilokasi pembangunan perumahan itu kini sudah rampung 70 persen.

Sebelumnya, warga sekitar telah menolak pembangunan komplek perumahan tersebut, namun hingga sampai saat ini pihak Dinas TRTB Kota Medan belum mengambil tindakan tegas maupun menumbangkan bagunan bermasalah tersebut.

Ironisnya, walau diduga tidak memiliki SIMB, tidak ada tindakan dari TRTB, pembangunannya tetap berjalan mulus. Diduga pihak Dinas TRTB Medan juga telah menerima upeti dari pihak pengelola perumahan tersebut.

Warga berharap Walikota Medan Dzulmi Eldin segera memerintahkan atau memanggail Kadis TRTB Medan, Sampurno Pohan untuk segera menertibkan bangunan yang berada di kasawan padat penduduk tersebut. “Bila perlu, Walikota harus mencopot Kadis TRTB Medan bila tidak bisa menertibkan bangunan perumahan yang tidak memiliki IMB tersebut”, ujar warga setempat yang tak mau menyebut jati dirinya.

"Selama ini rumah warga tidak ada mengalami banjir setiap kali hujan turun. Namun kini akibat pembangunan perumahan itu, rumah warga disini kerap mengalami banjir setiap kali hujan turun," tandas salah seorang warga sekitar yang meminta namanya dirahasiakan. *RED


Share it:

Bisnis

Medan

NEWS

Property

Post A Comment:

0 comments:

Iklan Layanan Masyarakat

Medan-Hariancentral.com: