MEDAN-hariancentral.com: Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi saat memberikan, arahan pada upacara bendera dalam rangka peningkatan kesadaran nasional dan bela bangsa bagi ASN di lingkungan Pemko Medan, Senin (19/12), di Halaman depan kantor Walikota Medan.
“Pelaksanaan upacara selalu memiliki spirit, bahkan selalu memberikan semangat baru untuk mewujudkan aparatur yang handal, aparatur yang profesional, terutama dalam menyelenggarakan berbagai fungsi pelayanan publik. oleh karenanya, upacara ini bukan sekedar rutinitas, tetapi sekaligus merupakan wadah pembinaan untuk menjadi abdi masyarakat yang sejati,” sebutnya.
Upacara ini di ikuti oleh Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri, para staf ahli dan Asisten Walikota, Pimpinan SKPD, Camat dan ASN dijajaran Pemko Medan.
Dalam kesempatan tersebut, Walikota Medan menyampaikan, tiga hal pokok yang harus segera dikerjakan oleh masing-masing SKPD, diantaranya yakni: Pertama, seluruh SKPD diminta agar dapat menyelesaikan seluruh program kerja yang sudah ditetapkan dalam APBD 2016, sekaligus dapat dilaksanakan secara optimal dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip pokok pelaksanaan anggaran, yaitu tertib administrasi, tepat mutu, dan tepat waktu,
Kedua, meningkatkan koordinasi, terutama dalam bentuk komunikasi langsung antar SKPD, sehingga berbagai program kerja yang diselenggarakan dapat bersinergi satu dengan yang lainnya. misalnya, antara Dinas Binamarga, Dinas Perhubungan, Dinas Pertamanan dan Dinas Kebersihan dalam pengelolaan fungsi jalan, drainase dan taman kota, termasuk kebersihannya.
"Selain itu saya ingin meminta kepada SKPD agar lebih responsif untuk menindaklanjuti berbagai saran dan masukan yang mungkin sudah berkali-kali disampaikan oleh berbagai stakeholder kota, termasuk kritikan sosial yang disampaikan melalui media sosial yang ada," kata Walikota Medan.
Untuk itulah, Walikota Medan mengingatkan kepada SKPD agar tidak mengabaikan begitu saja berbagai saran dan masukan serta kritik sosial yang sudah disampaikan oleh kelompok-kelompok pembangunan yang ada.
Lebih lanjut, Walikota Medan juga menyampaikan saat ini Kota Medan masih sering menghadapi curah hujan yang relatif tinggi dari biasanya. Oleh karena itu, Walikota meminta berbagai SKPD terkait, termasuk Camat, Lurah dan Kepling dapat terus meningkatkan kewaspadaan sekaligus mengantisipasi berbagai dampak bencana, maupun dampak sosial yang mungkin terjadi.
"Antisipasi yang paling sederhana yang dapat kita lakukan dengan terus menggiatkan bentuk-bentuk kegotongroyongan ditingkat masyarakat untuk membersihkan parit-parit lingkungan yang ada, guna meminimalisir potensi genangan ataupun banjir yang terjadi," ujar Walikota Medan.
Hal lain yang diingatkan Walikota Medan yaitu peningkatan kewaspadaan terhadap potensi kriminalitas, termasuk kemungkinan aksi teror. terlebih lagi dalam waktu dekat masyarakat akan menyelenggarakan perayaan hari natal dan tahun baru. Untuk itu, SKPD diminta agar dapat meningkatkan silaturahmi dan komunikasi sosial terutama antar pemeluk agama yang ada.
Disamping itu juga, perlu dilakukannya pengembangan forum komunikasi antar umat beragama yang ada, termasuk antara lembaga-lembaga adat yang ada gunas mewujudkan kota Medan yang tetap kondusif, damai, serta memiliki sikap-sikap toleransi yang tinggi.
"Untuk itu, mari tetap kita jaga kekompakan, kebersamaan dalam membangun kota ini, mari kita dedikasikan diri sepenuhnya sebagai aparatur negara yang bertanggung jawab," ajak Walikota Medan. *RED

Share To:

Harian Central

Post A Comment:

0 comments so far,add yours