Masyarakat Mulai Rasakan Manfaat Dana Desa

Share it:
KARO-hariancentral.com: Dana Desa yang dikucurkan Pemerintah Pusat ke desa-desa, mulai dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dana ini dipergunakan secara transparan dan tepat pada sasaran sesuai dengan kebutuhan prioritas utama untuk membangun desa kearah yang lebih baik.

Seperti di desa Gunung Merlawan Kecamatan Tiganderket, penggunaan Dana Desa telah mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Diantaranya, pembukaan jalan Juma Sikuher dengan biaya 40.585.000. Sebelumnya, masih banyak lahan pertanian tertidur dalam kurun waktu yang cukup lama dan tidak bisa dimanfaatkan karena jalan tidak ada.

Ada sekitar 10 hektar areal pertanian di desa Gunung Merlawan tidak bisa diolah hasilnya,karena jalan tidak ada. Dalam mengangkut hasil pertanian dari ladang menuju desa harus dipundak, tidak bisa dengan menggunakan angkutan roda dua maupun roda empat, ungkap Marga Perangin-angin warga desa tersebut pada Selasa (13/12) kepada hariancentral.com.

Menurutnya, sendainyal produksi pertanian  dari ladang tersebut hasil berlipat, membawa hasilnya ke desa untuk dipasarkan cukup susah. Paling tidak membawa hasilnya juga memakan waktu cukup lama baru bisa sampai ke desa.

Setelah adanya Dana Desa yang diberikan Pemerintah ke desa kami, jalan pertanian sudah menjadi lancar. Lahan pertanian yang dulunya tertidur sekarang sudah dapat dimanfaatkan, dan dalam membawa hasil pertanian dari ladang ke desa sudah bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pejabat Kepala Desa Gunung Merlawan Sarimin Purba ketika dikonfirmasi hariancentralcentral.com menjelaskan, selain untuk pembukaan jalan ke Juma Sikuher. Dana Desa 2016 juga digunakan untuk Pembukaan dan Perkersan Jalan Juma Pendeng – Bulagan – Sabah Sipitu  dengan biaya 254.039.700. Pembangunan Pembuatan Bronjong dan Tembok Penahan Tanah jalan perjumaan Tembun dengan dana 160.674.000. Perkerasan Telford Jalan Juma Sikuherdengan biaya 132.930.000. Pengerjaan sedang dalam tahap pelaksnaan hampir 60 persen rampung,katanya.

Dalam Pelaksanaan Penggunaan  Dana Desa bekerjasama dengan TPK Peratenta Perangin-angin, Juang Perangin-angin, Tuahta Ginting, Pelawi Sembiring, Apuli Sembiring,Jhon Fredi Perangin-angin,Tengteng Perangin-angin serta Ketua BPD  Batas Sembiring dan Bendahara  Seni Hariani br Purba, ungkapnya. *PRO 



Share it:

daerah

Kolom SKPD

NEWS

Post A Comment:

0 comments: