KARO-hariancentral.com: Tim Lembaga Pemberdayaan dan Pelayanan pada Masyarakat (LPPM) USU menyerahkan bantuan ke pengungsi Sinabung, secara simbolis dilakukan di Gedung  Jambur  Pemkab Karo Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo di Kabanjahe Selasa (6/12).


Penyerahan bantuan kepada warga pengungsi Sinabung, yang diwakili warga asal desa Mardinding  Kecamatan  Tiganderket yang diterima langsung masing-masing  Koordinator maupun Panitia  Posko Gudang Konco Terong Peren.  Adapun bantuan yang diserahkan berupa, susu dan biskuit, perlengkapan personal hygiene berupa odol dan pasta gigi sebanyak 300 paket. Pemberian unit pengolah air minum sebanyak 250 unit.

Menurut ketua LPPM Prof. Dr. Tulus Vor, Dipl, Math, MSi, Phd, Rencananya, bantuan juga akan disalurkan ke warga desa terdampak lainnya yakni desa Naman Kecamatan Naman Teran, desa Payung Kecamatan Payung, desa Mardinding (posko konco) Kecamatan Tiga Nderket, desa Kuta Tengah (posko ndokum siroga) Kecamatan Simpang Empat.

Untuk masing-masing desa akan diserahkan Mesin pengolah biji Kopi sebanyak 5 unit. Selanjutnya, Beras 14.655 ton dan bibit.13 ribu batang kopi ateng akan disuplay untuk warga pengungsi tersebut.

Dalam paparannya Prof. Dr. Tulus Vor Dipl Math MSi Phd, dirinya bersama tim Personal higine dan kebersihan, status gizi untuk anak. Merencanakan penyuluhan dan sebelumnya telah dilaksankan semenjak  22 Nopember dan demikian juga terkait sarana air limbah yang kurang baik.

Lanjutnya, keberadaan LPPM USU di Karo adalah bentuk kepeduliannya terkait penanganan situasi Gunung Api Sinabung yang berjalan semenjak hampir 6 tahun lamanya. Dalam kegiatannya dari LPPM USU sendiri memiliki 7 program dan pada saat ini sedang berlangsung. Dua dari ketujuh program tersebut adalah penanganan pengungsi Sinabung, dan kegiatannya terbagi 2 Tim. Untuk ‘Tim Gunung Api’ didalamnya meliputi bimbingan belajar kemudian kesehatan masyarakat dan pengembangan Hidroponik.

Tim ‘lively good’ meliputi kegiatan yang direncakan adalah memberikan pelatihan-pelatihan, penyuluhan-penyuluhan dan bantuan. Untuk kegiatan kali ini inisiatif tim sendiri dari bagian tim kesehatan masyarakat (kesmas) dan Bimbingan belajar (bimbel) juga turut memberikan bantuan ke siswa pengungsi.

Bupati Karo dalam sambutannya yang diwakili asisten III Andareasta Tarigan mengapresiasi kegiatan LPPM USU. “dengan seluruh rangkaian kegiatan menambah dukungan dalam penanganan pengungsi Sinabung dan tentunya memberi spirit bagi masyarakat bahwa kita tidak sendiri. Meski ada kejenuhan tetap kita berikan apresiasi. Pemerintah Kabupaten Karo sangat berharap, dengan memprioritaskan kebutuhan pokok termasuk dalam hal ini kesehatan, dan sengat sangat bangga dalam situasi prihatin pun kita dapat bersatu," katanya.

Turut hadir dalam kegiatan, Prof. Dr. Tulus Vor Dipl Math MSi Phd, Dr Dra Irnawati Marsaulina MS, Dr dr Taufik Ashar MKM, Dr Surya Dharma MPH,  Drs Tukiman MKes, Drs Alam Bakti Keloko MKes, Nursiah Siahaan SH, Drs Eddy Syahrial MS, Dhani Syahputra Bukit SKM, Nuzuliati SE MSi, Petti Siti Fatimah SKM MKes, Putri Ramadhani SKM MKes, Nur Muhammad SKM, Yuni Marsela Tarigan SKM, Naisya Vitianoza SKM, dan Ina Muliani Harahap SKM, assisten III Bupati Karo, 

Kadis Kesehatan Karo Dr. Johanis Sitepu, Kepala Puskesmas Tiganderket dr Dedy Antoni Pinem, Kepala Puskesmas Payung dr Freddy Sitepu, Kepala Puskesmas Singa dr Lenni br Sinulingga. *PRO 



Share To:

Harian Central

Post A Comment:

0 comments so far,add yours