Skip to main content

Kopilot Hercules Jatuh Di Wamena, Kapten J Hotlan Akan Dikebumikan di Pemakaman Keluarga



SIMALUNGUN-hariancentral.com: Suasana haru warga Dusun Pagar Jandi, Desa Mariah Buttu, Kecamatan Silau Kahean, Simalungun  terlihat saat menyambut kedatangan jasad Kapten Penerbang J Hotlan I Saragih, Kopilot Hercules TNI AU yang jatuh di Wamena, Papua, Senin, (19/12/2016).

Selain istri korban, Bripka Pol Hotriani Kristina br Purba bersama kedua putranya, Alexander Imanuel berusia 4,5 tahun dan Gabriel 1,3 tahun, yang menyambut jasad korban terlihat juga Bupati Simalungun JR Saragih tiba di rumah duka sekitar pukul 15.25 WIB.

Meski diminta Bupati Simalungun JR Saragih agar korban dikebumikan di Taman Makam Pahlawan, Kota Pematang Siantar.

Namun pihak keluarga sendiri berniat untuk mengebumikan jasad bungsu empat bersaudara dari pasangan suami istri Jamauli Saragih dan Hulpainim br Purba, di pemakaman keluarga, di Dusun Pagar Jandi.

“Adik kami ini akan dimakamkan besok di sini saja. Rencananya besok setelah selesai acara adat,” ungkap Edy, abang tertua korban.

Dia juga menceritakan bahwa tahun baru 2017 ini akan meriah. Pasalnya, sang adik bungsunya tersebut berencana pulang sejak yang terakhir tahun 2012 lalu. Namun harapan itu tentu saja hancur setelah musibah jatuhnya Hercules TNI AU di Wamena.

“Sebulan ini perasaanku ngak enak saja. Kami terakhir teleponan 3 minggu lalu. Dia bilang lagi mau intensif belajar bahasa Inggris di Bogor katanya mau ikut misi Perdamaian,” ungkap Edy.

Meski dirinya hanya seorang petani, namun Edy memastikan hubungan mereka sebagai abang tertua dan bungsu sangat akrab.

Hotlan, lanjut dia adalah sosok anak yang ramah, suka menolong dan ringan tangan. Terlebih sejak menjadi anggota TNI AU, selalu rajin mengirim uang untuk sang Ibu, Hulpainim br Purba.

“Bapak kami meninggal tahun 2003 lalu, ketika itu dia masih klas II di SMA Negeri Tebing Tinggi. Nah di kelas III dipindah ke Kupang ikut abangnya yang polisi disana,” tutur Edy lagi.

Bagi tetangga korban dikenal sosok yang tidak sombong. Sipayung, seorang warga bahkan menyebutkan, saat pulang kampung lalu, Hotlan selalu menyempatkan diri bersalaman kepada seluruh warga.

Hal itu juga diiyakan Risman Purba, Sekdes Mariah Buttu. Dikatakannya, Hotlan sejak remaja sangat aktif dalam kegiatan gereja setempat.

Bukan hanya karena berasal dari keluarga sederhana yang bisa berhasil, rasa ringan tangan Hotlan juga membuatnya sosok kebanggaan warga desa.

”Meski di Malang sana, tapi dia itu kerap menyumbang dalam setiap kegiatan di kampung ini. Juga kegiatan gereja,” tukasnya.

Sementara Bupati Simalungun JR Saragih mengatakan, bahwa korban adalah salah satu putra terbaik Simalungun.

“Mewakili Pemkab Simalungun kami turut berduka. Juga turut mengucapkan terima kasih kepada TNI AU yang sudah mengantarkan jenazah korban ke kampong halamannya,” katanya.

Dia juga berharap agar keluarga bisa tabah menerima musibah ini. “Yakinlah dan percaya, apa yang dikerjakan almarhum bukan kepentingan pribadinya, tapi untuk Negara dan bangsa. Dan keluarga harus tetap semangat,” kata JR Saragih.

Dikarenakan tewas saat bertugas, maka berhak dikebumikan di Tamam Makam Pahlawan Kota Pematang Siantar.

“Untuk persiapannya Pemkab Simalungun akan memfasilitasinya semua. Namun begitu, urusan itu tetap terserah sama keluarga disini yang memutuskannya,” tandasnya. *RED

TEKS FOTO: Keluarga Kapten Penerbang J Hotlan I Saragih, Kopilot Hercules TNI AU yang jatuh di Wamena
Attachments area

Comments

Popular posts from this blog

PERMASALAHAN YANG ADA DI DANAU TOBA

Danau toba | 
hariancentral.com Apa latar belakang orang mau ke Danau Toba ? tentu saja adalah pemandangannya  , airnya yang biru dan  objek-objek wisata yang ada di danau toba dan hal yang bersifat artifisual. Artinya artifisual adalah yang dibuat manusia sesuai dengan perkembangan zamannya, itulah sebabnya orang mau tertarik datang ke danau toba.
Jika melihat danau toba orang akan takjub karena keunikannya, berada 903,5m diatas permukaan laut. Danau toba adalah sebuah danau tektonik-vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer lebar 30 kilometer terletak di provinsi Sumatera Utara, yang merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ditengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama pulau Samosir, itu merupakan suatu gambaran yang membuat danau toba bagus, airnya begitu jernih, dulu kala jika orang penduduk setempat tidak tubo atau tidak sarapan pagi cukup dengan mangura air. Mangura air adalah air  danau toba itu diambil ke kaleng, kemudian diberi garam cabe dan asam…

Papan Reklame Liar Menjamur di Kota Medan, DPRD Desak Walikota Copot Syampurno Pohan

TEKS FOTO: Drs Heri Zulkarnaen MSi. *hariancentral.com-Ist
MEDAN-hariancentral.com: Masih berdirinya papan reklame di 13 titik ruas jalan di Kota Medan, menunjukkan ketidakseriusan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang (DPKPPR) Kota Medan Syampurno Pohan untuk melakukan penertiban.
Papan reklame dan baliho masih terpampang di Jalan Sudirman, Jalan Pangeran Diponegoro termasuk Jalan Imam Bonjol Medan. Seolah Syampurno Pohan melakukan pembiaran.
Anggaran dana Rp900 juta sudah dipergunakan dari Rp2,8 miliar yang diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) TA 2016 Kota Medan, dinilai berbagai kalangan merupakan pemborosan anggaran yang dilakukan, namun tidak menghasilkan yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat Medan.
Menanggapi hal itu, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Medan Drs Herri Zulkarnaen Hutajulu MSi kepada hariancentral.com di ruang kerjanya, Selasa (30/5) mengatakan, pihaknya meminta pertanggungjawaban dari Syampuno Pohan selaku Kepala Dina…

Pelantikan Pejabat Eselon di Tobasa Dimulai

TOBASA, hariancentral.com: Setelah memenuhi syarat untuk melakukan pelantikan dan pengangkatan pejabat seperti tertuang dalam UU No 5 tahun 2014 tentang larangan 6 (enam) bulan Kepala Daerah setelah menjabat tidak dapat melakukan pelantikan atau pengangkatan pejabat, kini lonceng pelantikan dimulai di Tobasa.
Bupati Toba Samosir (Tobasa) yang diwakili Sekda Drs Audy Murphy Sitorus SH MHum, baru-baru ini di Balai Data Kantor Bupati,melantik dan mengambil sumpah 2 (dua) pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Kabupaten.
Kedua pejabat yang dilantik Bupati Tobasa itu,masing-masing Marlin Marpaung sebagai Kepala Bidang Teknologi Pangan & Holtikultura dan Lintong Sitorus sebagai Kepala Bidang Peternakan.
Kedua pejabat yang dilantik itu,untuk mengisi jabatan yang kosong,salah satu jabatan karena pejabatnya ditahan terkait kasus korupsi dan lainnya karena pejabat tersebut mengundurkan diri.
Saat itu juga, Bupati menyerahkan surat Pelaksana Tugas (Plt) jabatan Kepala Dinas kepada Kepal…