KARO-hariancentral.com: Dana Desa (DD) yang diberikan Pemerintah, selain  diprioritaskan untuk membiayai pembangunan juga digunakan untuk pemberdayaan masyarakat. Dana  Desa  dalam   pelaksanaannya diutamakan  secara swakelola dengan lebih banyak menyerap tenaga kerja dari masyarakat setempat.

Penggunaan Dana Desa untuk desa yang telah direlokasi dan akan direlokasi atas dampak erupsi Sinabung, tidak diperkenankan  digunakan untuk kegiatan  pembangunan desa. Hanya digunakan untuk kegiatan pemberdayaan desa, seperti desa Gurukinayan, Tigapancur, Pintu Besi, Jeraya, Kutatengah, Kutarayat, Bekerah, Sukameriah, Simacem, Kutatonggal, Berastepu, Berastepu, Gamber, Sukanalu, Sigarang-garang dan desa Mardingding.

Bagi warga desa Mardingding yang berada di Posko Gudang Konco, Dana Desa  2016 digunakan, diantaranya untuk pengadaan pompa mesin gendong sebanyak 265 unit kepada 265 Kepala Keluarga.

Pemberian pompa mesin  TNK-HI-i 15(f) IKEDA-D  Made in Japan ini dilaksanakan pada Senin (19/12) pukul 09.00 WIB bertempat di Gudang Konco Terong Peren Tiganderket. Pada kesempatan ini turut hadir mewakili Camat Tiganderket, Sukur SH,  mewakili Danramil 05 Payung Serda Iwan Suandi Sembiring, Kepala UPTD  Pertanian Tiganderket  untuk menyaksikan pemberian pompa mesin tersebut. 

Selain itu hadir Pj. Kades Mardingding Minarti br Sembiring, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK)  Masana Tarigan, Wakil Ketua BDP  Terkelin Singarimbun serta anggota BPD lainnya, perangkat desa Mardingding maupun masyarakat  pengungsi Gudang Konco.

Minarti br Sembiring mengatakan,  pengadaan pompa mesin ini   dengan Dana Desa 2016 dan diberikan kepada warga desa Mardingding  hanya untuk pinjam pakai. Bagi warga yang menerima pompa mesin harus menyediakan  sebuah meterai  enam ribu per- KK dan menanda tangani surat pernyataan yang telah disediakan yang menyatakan hanya untuk hak  pinjam pakai.

 Sukur SH menjelaskan,  kehadiran kami  tidak lain hanya untuk menyaksikan penyerahan pompa tersebut kepada warga. Karena pengadaan Pompa ini adalah dengan biaya Dana Desa, ADD  dan DBH 2016. Kami berharap,  pompa ini hendaknya dapat digunakan bagi warga desa Gudang Konco dan jangan nantinya digunakan  oleh orang lain diluar warga desa Mardingding. Pompa ini hanya untuk pinjam pakai dan tetap menjadi milik asset desa Mardingding. Dengan adanya pompa ini, semoga dapat berguna  untuk meningkatkan perokonomian bagi warga disini.

Disamping itu, Pimpinan  Perusahaan Pengadaan Pompa TNK-Hi  Medan  Jonie Fery diwakili Wang Kiat, Willys dan Paino didampingi Hendra Singarimbun, memberikan penjelasan bagaimana  cara menggunakan pompa mesin  tersebut kepada warga pengungsi di Gudang Konco. Dia berharap agar warga yang telah menerima  pompa, dapat faham betul cara mempergunakannya, sehingga pompa lebih awet dalam jangka waktu yang lebih lama. *PRO



Teks Foto: Sekcam Sukur SH, Serda Iwan Suandi Sembiring ketika menyaksikan penandatanganan surat penyataan hak pinjam pakai oleh warga. *hariancentral.com-proklamasi ginting.
Attachments area
Share To:

Harian Central

Post A Comment:

0 comments so far,add yours