Diskusi Publik Nasional Mewujudkan Polri Yang Profesional, Jujur Dan Dicintai Rakyat Di Emeral Garden

Share it:
MEDAN, hariancentral.com: Wakapoldasu Brigjen Pol Drs Adhi Prawoto, SH , mewakili Kapolda Sumut dan Tokoh Sumatera Utara Brigjen Pol (Purn) Victor Edison Simanjuntak membuka secara resmi Diskusi Publik Nasional tentang POLRI di Hotel Emerald Garden berjalan dengan baik.

Diskusi yang dihadiri oleh jajaran Poldasu , Polrestabes Medan, perwakilan mahasiswa se-Kota Medan, TOPAN RI  SUMUT dan Perhimpunan Advokat bersama Polri itu mengangkat tema ” Mari mewujudkan Polri yang Profesional, jujur dan dicintai Rakyat sebagai perwujudan revolusi Mental”.

Tokoh Sumatera Utara, Brigjen Pol (Purn) Victor Edison Simanjuntak mengakui, jika tidak terjadi korupsi, maka hasil dari Sumber Daya Alam Indonesia saat ini pasti sudah sangat berlimpah.
Bahkan, dapat digunakan untuk biaya jaminan sosial, kesehatan, pendidikan, dan jaminan hari tua bagi yang tidak mampu.

Hal tersebut diungkapkan oleh pensiunan Polri ini saat digelarnya diskusi mengenai Proyeksi Polri di Masa Mendatang. Dirinya juga menyebutkan, bahwa budaya yang koruptif ini bisa diberantas, asalkan seluruh lapisan masyarakat saling bersinergi satu sama lainnya.

"Saya punya data konkritnya. Ini semua kan karena dikorupsi. Kalau bukan karena itu, masyarakat tidak mampu di Indonesia bisa kita berikan jaminan sosial," ucap Victor.

Mantan Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Mabes Polri yang pernah menangani kasus suap di SKK Migas ini juga menyebutkan secara gamblang, bahwa ladang korupsi terbesar adalah dari sektor Minyak Bumi dan Gas (Migas), dan dilakukan dengan cara yang sistematis.

Namun, dirinya tidak bisa menjelaskan jumlah angka korupsi dari tiap tahun dari sektor ini, karena belum ada yang berani mencatatnya.

"Yang terbesar korupsinya adalah dari sektor migas. Yang pernah saya tangani saja, kerugian negara mencapai 38 triliun. Makanya saya pikir, kita harus bersama-sama mendukung program Presiden Jokowi untuk membersihkan negara ini, dengan membersihkan birokrat-birokrat yang kotor, " lanjutnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Adhi Prawoto menyebutkan, terkait pungli yang terjadi di Sumut, khususnya Kota Medan, pihaknya terus berupaya memberantas pungli mulai dari jajarannya, hingga ke masyarakat.

"Kita para polisi lagi memperbaiki citra di masyarakat. Tidak bisa dipungkiri, sekarang masyarakat tahunya oknum polisi itu tidak simpati dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, makanya orang-orang malas berurusan dengan polisi, " ucap Brigjen Adhi.

Maka dari itu, pihaknya terus berupaya mengembalikan kepercayaan masyarakat, dengan cara memberikan rasa aman dan nyaman, dan menghapus budaya korupsi di lingkungan Polri.

"Yang jelas kita akan tingkatkan kepercayaan masyarakat terhadap polisi, karena itu memang sudah perintah Pak Presiden, agar kita turun ke masyarakat dan mengabdi kepada masyarakat," tutur Jendral Bintang Satu ini lagi.

Dalam berlangsungnya acara ini. Ketua DPW TOPAN RI SUMUT Ir Roy Nainggolan saat dikonfirmasi mengatakan " saya berharap kinerja Kepolisian dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya Sumatera Utara dan bekerja dengan Profesional, jujur agar dicintai masyarakat sebagai perwujudan revolusi mental kepolisian terlaksana dengan baik" Ucapnya.

Ketua panitia H.Waginto, ST, MT yang juga anggota DPRD Kota Medan menyebutkan, kegiatan ini merupakan wujud partisipasi masyarakat untuk mendukung program Promoter Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Lewat diskusi publik ini di diharapkan semakin bertambah  besar kepercayaan masyarakat terhadap Polri .

Acara yang berlangsung akrab diakhiri dengan pemberian cendramata yang diserahkan Panitia diskusi publik  Polri yang profesional, jujur dan dicintai rakyat sebagai perwujudan revolusi Mental.*MRH


Teks foto: Penyerahan Cendra Mata Kepada Wakapoldasu diserahkan oleh Bobby O Zulkarnain,Kapolrestabes Medan diserahkan oleh H Waginto ST MT, Brigjen Pol (Purn) Victor Edison Simanjuntak diserahkan oleh Eden Manalu, Polisi Terbaik Menurut Penilaian Panitia Diskusi Publik  Kompol.T Rizal Moelana Sik SH MH Diserahkan Oleh Ir Roy Nainggolan (Ketua DPW LSM TOPAN RI Sumatera Utara).
Share it:

Medan

NEWS

Pendidikan

Polri

RAGAM

Post A Comment:

0 comments: