Huntara Pengungsi Sinabung Perlu Dipercepat

Share it:
KARO, hariancentral.com: Sebanyak 268 KK  pengungsi Sinabung asal desa Mardingding  yang berada di posko Gudang Konco Kecamatan Tiganderket berharap kepada  Pemerintah Kabupaten Karo supaya pembangunan Hunian Sementara (Huntara) bagi mereka dipercepat. 

Tenda Darurat yang dibangun Pospera setahun yang lalu, tempat mereka tinggal sudah buruk dan mengalami kebocoran. 

Sudah beberapa kali kami melapisi atap tenda dengan tenda plastik agar tidak bocor, namun daya tahannya tidak dapat bertahan lama, ungkap Sembiring salah seorang pengungsi kepada hariancentral.com Minggu (30/10) di Tiganderket.

Untuk itu katanya, agar Pemerintah Karo melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah mempercepat pembangunan Huntara bagi kami disini. 

Menurut sepengetahuan dia,  ada  tiga  lokasi yang berdekatan  lahan Huntara  didekat posko Gudang Konco  telah disewa  dan dibayar BPBD  Karo selama lima tahun beberapa bulan yang lewat.  Diantaranya, satu lokasi telah selesai dikerjakan diratakan dengan menggunakan  alat berat Beco, namun kelanjutan untuk didirikan bangunan rumah huntara belum juga dilakukan dan masih dibiarkan begitu saja hingga sekarang.

Senada itu, Singarimbun (65) juga warga pengungsi lainnya mengatakan, tinggal hidup didalam tenda darurat  berlantai tanah  akan rawan terserang penyakit. Karena kami juga sering masuk angin ketika malam hari, sering sesak napas bila siang hari. Karena  pada waktu siang  akibat terik matahari yang panas, didalam tenda suasananya juga panas. Kami memilih keluar dari tenda mencari tempat berteduh mengindari suasana yang cukup panas.

Hendaknya Pemerintah lebih mempercepat membangun Huntara, agar kami dapat hidup tenang tidak lagi menderita seperti ini,” harapnya. *pro

Share it:

daerah

Kolom SKPD

NEWS

Post A Comment:

0 comments: