Harga Bawang Merah Di Karo Merangkak Naik

Share it:
KARO, hariancentral.com: Daerah penghasil utama bawah merah di Karo  di Kecamatan  Tiganderket dan Payung, rata-rata para petani sedang menggalakkan penanaman bawang merah tersebut.  

Kemudian disusul dengan Kecamatan Simpang Empat dan Kutabuluh juga sudah mencoba malakukan penanaman bawang merah, yang penting pasokan air  terpenuhi dan cukup. Karena tanaman bawah merah dalam membesarkan buah tergantung kepada debit air yang cukup, kalau tidak maka buahnya akan kecil. 

 Seperti di Tiganderket  musim panen  besar  panen bawang merah   Nopember hingga Desember 2016  mendatang. Daerah yang sama sekali tidak pernah ditanami bawang, telah mulai digalakkan  penanamannya, mengingat harga sebelumnya sempat tinggi mencapai 30.000/kilogramnya.

Belakangan ini, harga jual di pasar bawang merah  ditingkat petani sempat anjlok mencapai 12.000,-/kilogram selama beberapa pekan dan kembali merangkak naik mencapai 17.500/kilogram dengan kualitas baik.

Di Kecamatan Tiganderket rata-rata para petani  lebih menekuni  melakukan penanaman bawang merah ketimbang tanaman lainnya, seperti tomat, cabai, kol, sayur. 

Mereka  tergiur akan  lebih banyak mendapatkan keuntungan menanam bawang merah yang umur panennya cukup singkat sekitar 75 hingga 78 hari saja. Harga bawang merah  sebelumnya sempat melonjak mencapai 30.000/kilogramnya, membuat para petani di Tiganderket semakin berminat melakukan penanaman bawang merah.

Singarimbun (52) warga Tiganderket Senin (31/10) kepada hariancentral.com mengatakan, modal untuk menanam bawang merah memang cukup tinggi. Harga bibit bawang  dari Brebes, Probolinggo  sempat mencapai 45.000,- hingga 55.000/kilogramnya.

Dia lebih menyukai melakukan  penanaman bawang merah dari pada tanaman lainnya alasannya singkat saja. Tanaman bawang merah umur panennya singkat, cara kerjanya tidak terlalu rumit,  harganya juga cukup stabil, berdaun sempit dan tahan terhadap gangguan abu vulkanik Sinabung,” tuturnya. *pro

Teks Foto Petani  sedang membersihkan bawang merah dengan Blower untuk dijual. *hariancentral.com/proklamasi.

Share it:

Bisnis

daerah

Ekonomi

NEWS

Post A Comment:

0 comments: