SD 040496 Tanjung Juara Lomba Tari Lima Serangkai Kecamatan Tiganderket

Share it:
KARO, Centralonline: Dalam rangka melestarikan kebudayaan Karo, Dinas Pendidikan  Kecamatan Tiganderket melaksanakan lomba tari tradisional lima serangkai  tingkat SD pada Rabu (21/9) di Losd Tiganderket. Dari 16 SD di Kecamatan Tiganderket, hanya 13 SD yang mengikuti perlombaan.

Ketua Panitia Kepala UPTD  Pendidikan Tiganderket Jun Martin Ginting SPd menjelaskan, kegiatan lomba tari tradisional lima serangkai ini dilaksanakan dalam rangka menunjang program pendidikan tengah semester  bagi murid SD di Kecamatan Tiganderket. Selain itu,  salah satu  wujud langkah dalam melestarikan kebudayaan Karo, terutama tari tradisional Karo lima serangkai agar tidak punah.

Sedangkan, Juara lomba Tari Tradisional Karo Lima Serangkai yang diperlombakan yakni Juara I, II, III adalah  SD Negeri 040496 Tanjung, SD Negeri 040503 Perbaji, SD Negeri 044833 Narigunung dan Juara Harapan I, II, III  yaitu SD Negeri  043939 Kutagaluh, SD Negeri 040495 Jandimeriah, serta SD Negeri 040487 Tiganderket. 

Bagi para pemenang lomba akan diberikan hadiah berupa  piala dan uang pembinaan sepantasnya. Namun untuk juara I  SD Negeri 040496 Tanjung yang akan mewakili Kecamatan Tiganderket  untuk lomba ke Tingkat Kabupaten Karo yang direncanakan dilaksanakan 30 September 2016 akan datang.

Camat Tiganderket yang diwakili Sekcam Sukur SH  dalam sambutannya mengatakan, sangat merasa kagum dan mengapresiasi atas pelaksanaan lomba tari lima serangkai untuk tingkat SD ini. Para guru, orang tua, semua kalangan masyarakat turut berpartisipasi demi terlaksananya lomba ini.

Para murid SD di Kecamatan Tiganderket juga  begitu  bersemangat dalam mengikuti lomba tersebut. Walaupun pelaksanaan lomba hanya satu hari, ternyata para orang tua, masyarakat juga berbondong-bondong untuk menyaksikan jalan perlombaan ini hingga selesai.

Masih katanya,  dengan adanya kegiatan ini maka kebudayaan Karo, terutama tari tradisional akan terus lestari dari kepunahan. Kalau tidak, kebudayaan Karo bakal terkikis dengan adanya kebudayaan lain dan untuk itu mari secara bersama-sama kita lestarikan, harapnya.

Namun untuk Kecamatan Kutabuluh lomba tari lima serangkai dimenangkan oleh SD  Negeri SD Negeri 046575 Kutabuluh Gugung disusul SD Negeri 040499 Kutabuluh dan SD Negeri 043948 Siabang-abang  dilanjutkan dengan juara harapan I, II, III.

Kepala UPTD Pendidikan Kutabuluh   Sahrudin SPd  mengatakan, bagi Juara I SD  Negeri 046575 Kutabuluh Gugung nantinya mewakili Kutabuluh  pada lomba tingkat Kabupaten Karo. Para juara tadi juga diberikan hadiah uang pembinaan sepentasnya.

Lanjutnya,  bagi juara I SD Negeri 046575  Kutabuluh Gugung jangan terus merasa senang dan tinggi hati. Untuk itu, lebih banyak lagi berlatih dan berbenah karena saingan kita semakin berat yaitu mengikuti lomba ditingkat Kabupaten Karo waktu dekat ini. Dan bagi yang belum memperoleh juara banyak lagi berlatih, karena kesempatan masih banyak dilain kesempatan, ungkapnya. *pro






Share it:

Central daerah

entertaiment

Kolom SKPD

LIFE STYLE

NEWS

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: