Kebutuhan Darah di Medan Capai 3.500 Perkantong/ Perbulan Pemimpin Umum Centralonline Sumbangkan Darah

Share it:

MEDAN, Centralonline: Permintaan darah segar oleh masyarakat yang membutuhkannya sekarang ini relatif tinggi di Kota Medan, Tingginya permintaan darah itu tidak  terlepas dengan kebutuhan darah di Kota Medan yang mencapai 3.500 perkantong/Perbulan

Meski tinggi, namun untuk kebutuhan darah di kota Medan mencukupi, disebabkan  masih tingginya minat masyarakat untuk mendonorkan/menyumbangkan darahnya datang ke Kantor Sekretariat PMI Kota Medan muapun melalui bus keliling PMI yang beroperasi hampir setiap harinya di sejumlah lokasi di Medan,

Demikian dikatakan Ketua PMI Medan melalui Wakil Kepala UTD Palang Merah Indonesia Medan Hanin Dito kepada Centralonline di Sekretariat PMI Medan Jalan Perintis Kemerdekaan No.37. 

Dikatakan tingginya minat masyarakat mendonorkan darahnya ke PMI Medan ini, terbukti tingginya pendonor yang menyumbangkan darahnya. Bahkan dalam kurun selama satu bulan saja pendonornya mencapai 4.000 orang atau perhari rata-rata ada sekira 80 orang kesemuanya pendonor berasal dari warga kota medan.

"Kebanyakan pendonor yang mendonorkan darahnya mereka yang berusia produktif antara 30-50 tahun," katanya seraya menambahkan adapun usia yang bisa untuk mendonorkan darah antara 18-60 tahun.

Dikatakannya, sekarang ini yang paling banyak mendonorkan darahnya adalah pendonor rutin yakni pendonor berasal dari kalangan keluarga yang jumlahnya mencapai 97 persen. Sementara itu untuk pendonor sekunder jumlah masih kecil yang baru mencapai 3 persen. "Kita harapkan setiap tahunnya pendonor ini semakin banyak," tuturnya.

Menurut Hanin, darah yang didonorkan masyarakat kepada PMI digunakan kembali kepada masyarakat yang membutuhkannya dengan cara menjualnya seharga Rp360 ribu per cc, yang mana hasil penjualanan darah itu, adalah sebagai uang penganti pengolahan darah..

Kepada para warga yang ingin mendonorkan darahnya ke Kantor PMI Medan maupun mobil keliling PMI bisa datang langsung, namun sebelum diambil darahnya mereka terlebih dahulu harus mendapatkan pemeriksaan dari petugas donor. "pendonor tidak dipunggut biaya apapun," tuturnya.

Dikatakan ada berbagai manfaat donor darah ? dimana kesehatan kita akan terkontrol, menjadi lebih sehat, menghilangkan pegal, memperlancar peredaran darah, memperoleh rasa segar dan hilangnya rasa berat, mengurangi resiko hypertensi, penyakit  jantung dan kolestrol serta menurunkan berat badan.  

Sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan darah, Raymond Simbolon SH MH selaku Pemimpin Umum Centralonline menyumbangkan darahnya "Ini yang pertama kali saya mendonorkan darah, mudah-mudahan darah ini dapat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan.'katanya.

Disebutkannya, bagi pendonor pemula baru efek yang dialami daripada donor itu, badan kita terasa berat. dan nafas terasa ngos-ngosan seperti baru berolahraga berat. Namun keadaan ini haya sementara dan berangsur-angsur badan kembali terasa lebih segar setelah istirahat.

Raymond Simbolon SH MH selain PU Centralonline juga sebagai Wakil Pemimpin Umum di Harian CENTRAL berharap, antara PMI Medan dan Harian CENTRAL bisa menjalin kerjasama khususnya didonor darah apalagi Harian CENTRAL merupakan media cetak yang dekat dengan segala lapisan masyarakat. *pul


Share it:

Central kota

IPTEK

kesehatan

NEWS

relgius

Post A Comment:

0 comments: