Share it:

Fenomena Alam Sinabung Kelihatan Indah, Bila Tidak Erupsi

I
Catatan: Proklamasi Ginting SPd Harian Central, Biro Karo


Gunung Sinabung yang berbentuk Strato, secara administratif terdapat di KabupatenKaro, Propinsi Sumatera Utara dan secara geografis terletak pada posisi 3 derajat Lintang Utara dan  98 derajat Bujur Timur serta ketinggian  2.460 meter diatas Permukaan Laut.

Sebelum erupsi awal 2010, Gunung Sinabung merupakan salah satu Objek Wisata bagai wisatawan Mancanegara maupun wisatawanl okal. Tidak jarang, parawisatawan berkeinginan untuk mendaki Sinabung dan menginap diatas puncaknya untuk menikmati keindahan,pemandangan fanorama Sinabung.

Para  wisatawan/pengunjung bisa melakukan pendakian dari desa Mardingding, dari desa Gurukinayan maupun dari Lau Kawar melewati hutan melalui jalan setapak. Iklim  yang sejuk dan pemandangan yang  indah, membuat para pendaki menjadi ketagihan menikmati suasana alam gunung Sinabung.

Sejak  2010 erupsi awal Sinabung terjadi, bukan lagi bersahabat dengan masyarakat desa sekitarnya maupun parawisatawan. Bahkan, Sinabung sudah dianggap menjadi musuh, karena ribuan warga sejumlah desa harus meninggalkan desa, rumah, harta, tanaman pertanian, hewan peliharaan pergi mengungsi menghindari ancaman erupsi Sinabung kelokasi aman.

Dalam keadaan panik, warga desa sekitarnya, anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, lansia tersentak sedih dan menangis ketika mendengar ada rekomendasi dari Pemerintah harus mengungsi mengosongkan desa masing-masing. Wajar warga panik menghadapi bencana erupsi Sinabung, karena sama sekali belum pernah dialami oleh warga sekitar Sinabung selama hidupnya.

Erupsi Sinabung yang telah berkepanjangan selama  5 tahun, Pemerintah telah berulang kali memberikan sosialisasi tentang pemahaman ancaman bahaya, arahan caman, arah harus menghindar, jarak  yang aman, serta keuntungan/manfaat erupsi Sinabung. Warga menganggap ketika erupsi Sinabung tidak lagi menjadi takut, panik dan menganggap hal ini sudah soal biasa.

Tetapi, hati mereka masih sulit untuk melupakan kampung halaman, tempat mereka dilahirkan, dibesarkan semenjak dahulu harus ditinggalkan menghindari ancaman bahaya erupsi Sinabung. 

Walaupun berada di posko pengungsian bertahun-tahun lamanya. Namun hati mereka masih saja merindukan desa, rumah, harta, ladang yang  telah lama ditinggal pergi mengungsi. Mereka masih saja berkeinginan untuk bisa kembali ke desa, bila erupsi Sinabung segera berakhir.

Berdasarkan pengamatan Centralonline, keindahan fenomena alam Sinabung hanya menyisakan kenangan yang indah bagi warga desa sekitarnya. Momen-momen indah sempat diabadikan foto-foto penting oleh wartawan Centralonline, ketika berkunjung ke desa Mardingding  yang hanya  radius 3,3 Km dari puncak Sinabung.



Fenomena Alam Sinabung Kelihatan Indah Dan Bersih Bila Tidak Erupsi. *Centralonline/pro
Share it:

Central daerah

Destinasi

NEWS

Post A Comment:

0 comments: