Danau Kecil Di Kaki Sinabung Butuh Penataan

Share it:
KARO, Centralonline: Danau Kecil di kaki Sinabung tepatnya di desa Susuk Kecamatan Tiganderket Kabupaten Karo, kini  kelihatan sudah terabaikan. 

Luas danau ini sekitar 6000 meter ini dikelilingi pepohonan kayu hijau yang  menjadikan  pemandangan  begitu indah. Iklim yang dingin dan sejuk  membuat para pengunjung tidak merasa bosan untuk  menikmati pemandangan yang cukup indah dipandang mata.

Selama erupsi Gunung Sinabung tahun 2010 hingga 2013, danau ini sempat tertidur dan ditelantarkan  dalam waktu yang cukup lama karena warga pergi mengungsi  menghindari  ancaman bahaya Sinabung. 

Bahkan danau tersebut, juga mengalami  kekeringan bagaikan rawa-rawa yang telah ditumbuhi  rerumputan yang cukup tebal untuk tempat mengangon lembu atau kerbau. Ribuan ton ikan beraneka ragam jenis didalam danau itu  mati kedinginan akibat tidak tahan terhadap abu vulkanik Sinabung.

Alfianta Surbakti  Sekdes Susuk  kepada Centralonline Kamis (8/9) menjelaskan, danau ini  sempat sekian lama terlantar akibat ditinggal mengungsi.

Namun setelah warga dapat kembali ke desa dari posko pengungsian, Pemerintahan desa, BPD dan warga dengan bekerjasa secara gotong royong melakukan perbaikan pembersihan danau itu. Proses pekerjaannya agak lama baru selesai dibersihkan karena dilakukan dengan tenaga manusia secara manual.

Kemudian begitu selesai dibersihkan,dialiri air secukupnya baru dicari Donatur yang bisa membantu untuk pengadaan benih ikan untuk ditabur. Setelah nantinya  ikan besar dan dapat dipanen warga dapat menikmati hasil ikan tersebut secara merata. 

Hal ini cukup membantu menghidupkan kembali perekonomian warga yang telah lama terpuruk dampak erupsi Sinabung. Ekonomi warga hingga saat ini masih belum stabil boleh dikatakan masih suasana sulit. Penghasilan dari bertani belum bisa diharapkan sepenuhnya,karena kondisi tanah yang belum stabil pengaruh abu vulkanik.

Lanjutnya, sekarang ikan yang ada didalam danau desa Susuk sudah mulai terancam kehabisan dan hanya tertinggal ikan yang masih kecil-kecil saja.Untuk itu, kami warga desa Susuk sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah  untuk membantu pengadaan benih ikan untuk ditabur di danau kecil desa Susuk.

Kami berharap agar Pemerintah dapat membantu dalam pembangunan penataan disekeliling danau di desa Susuk yang merupakan destinasi wisata demi menambah  pemasukan ekonomi warga  disamping meningkatkan PAD Karo, katanya. *pro



Area lampiran
           Danau Kecil di kaki Sinabung di desa Susuk(harian. *Centralonline/proklamasi ginting)

Share it:

Central daerah

Kolom SKPD

NEWS

Post A Comment:

0 comments: