Memacu Terus Kemajuan Pendidikan di Tanah Karo Simalem
Oleh: Janni Ginting (Wartawan Harian Central Biro Karo)
   Berdasarkan  data yang kami himpun dari berbagai sumber, peringkat kualitas pendidikan di Kabupaten Karo sempat berada pada peringkat yang sangat  memperihatinkan. Peringkat kualitas pendidikan daerah ini sempat berada pada level 32 dari 33 kabupaten di Propinsi Sumatera Utara.
   Namun berkat kerja keras pemerintah Kabupaten Karo, dan berbagai elemen yang berkaitan dengan pendidikan di kurun waktu 2010 sampai sekarang, peringkat tersebut dapat di pulihkan kepada tingkat yang menggembirakan.  Mengacu kepada data yang yang di rilis oleh Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara pada kelulusan tingkat Sekolah Menegah Umum (SMU) tahun 2016. Kabupaten Karo berada pada peringkat  ke 7 dari 33 kabupaten/kotayang ada di Sumatera Utara.
   Keadan ini tentu sangat menggembirakan kita semua, dan kita patut memberikan apresiasi yang tulus kepada Pemerintah Kabupaten Karo, dalam hal ini Dinas Pendidikan Karo, dan semua pihak yang turut  ambil peran dalam pencapaian tersebut.
   Pemerintah kabupaten dan pihak-pihak yang sangat peduli kepada kemajuan pendidikan Kabupaten Karo hendaknya jangan berpuas diri sampai di sini saja. Kita harus terus berusaha lebih keras lagi untuk meng-upgrade kemajuan yang telah kita raih.
   Mengutip pernyataan Mendikbud yang baru di angkat oleh presiden Joko Widodo Bapak Muhajir Efendy bahwa elemen yang sangat menentukan kemajuan pendidikan tidak terletak pada kurikulum saja. Beliau mengatakan bahwa selama ini kita berdebat pada kurikulum yang cocok atau tidak. 
   Menurut mantan rektor salah satu perguruan tinggi di kota Malang ini kemajuan pendidikan sangat ditentukan oleh  peran serta guru yang maksimal. Kemajuan pendidikan sangat tergantung dengan kemampuan para guru di setiap tingkatan.
   Kalau kita mau kemajuan yang ada ini semakin baik, mau tidak mau kita harus terus mengasah kemampuan mengajar para guru di kabupaten ini. Dinas Pendidikan Karo sebagai motor penggerak di garda terdepan bisa membuat program pelatihan para guru yang lebih sering dan menghadirkan mentor mentor dari pihak yang berkompeten dalam melatih guru guru yang ada di tanah Karo. 
   Kata kuncinya, kemajuan pendidikan harus di topang oleh kualitas guru yang kreatif, inovatif dan berorientasi riset. Murid harus di beri kesempatan mengembangkan bakat dan minatnya. Guru punya tugas untuk mendorong para murid untuk memiliki minat melakukan penelitian dalam setiap bidang yang dia pelajari.
   Sudah banyak penelitian yang menyatakan kurikulum yang tidak canggih, fasilitas yang minim kalau di tangani oleh guru yang kreatif dan inovatif pendidikan terus makin maju, kalau mutu pendidikan semakin baik, maka tercipta sumber daya manusia yang kompeten dan bermuara pada tersedianya tenaga tenaga ahli yang akan mengurus daerah kita ini, untuk kemajuan pertanian, pariwisata dan perdagangan di Tanah Karo Simalem ini.
JOKOWI.jpg

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: