Clara Panggabean Show Bersama Trio Lasidos di Medan

Share it:
Clara Panggabean Show Bersama Trio Lasidos di Medan
Gairahkan Otorita Danau Toba dengan Pagelaran Musik dan Lagu

MEDAN | CENTRAL

            Mengeksistensi musik dan Budaya Batak, tentu bisa dilakukan jika dibarengi dengan majunya peradaban masyarakatnya. Sudah tentu hal itu menjadi kerinduan seluruh masyarakat Batak, apalagi setelah pemerintah pusat menetapkan Kawasan Danau Toba menjadi satu zona otorita dalam mengelola Danau Toba.

            Tentu, hal ini bisa tercapai jika ditunjang dengan kemajuan pariwisata kemajuan akan bisa diraih. Salah satu unsur pengembangan pariwisata adalah berkesenian. Sudah tentu, hal itu sangat terkait dengan kesiapan dan kesediaan masyarakat lewat berkesenian. Salah satu di antaranya dengan sesering mungkin memanggungkan lagu-lagu Batak.

            Atas dasar pemikiran itulah, para senior di musik Batak melihat betapa perlunya ada estafet, anak-anak muda untuk dilibatkan dalam mengkonstanta musik Batak. Masalahnya, bagaimana menghilangkan jarak antara generasi tua dengan generasi muda. Hal itu bisa terus berjalan jika ada regenerasi yang terus-menerus terhadap kecintaan dan melestarikan lagu-lagu Batak. Dan itu mesti terus diestafetkan. Sudah tentu disinilah dibutuhkan perhatian para senior dan bagi para pendatang baru, itu.

            Atas dasar pemikiran itulah produser eksekutif sekaligus pengacara senior, Jhon SE Panggabean SH MH mengajak Trio Lasidos (Bunthora Situmorang, Jack Marpaung, dan Hilman Padang), group trio Batak yang telah melegenda di tahun 80-an, untuk meminta dan bersedia show bersama dengan artis pendatang baru, Clara Panggabean.

            Clara adalah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia, yang walau masih muda, namun telah lumayan berkontribusi meramaikan jagat blantika musik Batak. Atas niat kolaborasi para sesepuh legenda musik Batak ini, sembari mengangkat generasi muda Batak, diadakanlah Show Clara Panggabean & Trio Lasidos.

            Show ini, tentu selain bermaksud  untuk bernostalia, tetapi juga mengingatkan masyarakat Batak kembali terkenang musik populer Batak di era 70 sampai dengan 80-an. Show seperti ini sesungguhnya jarang dilakukan, dengan harapannya, show ini memberi ruang kepada para legendaris merangkul anak-anak muda untuk lebih agresif maju.

            Sementara itu, penasihat panitia acara show ini, Tahan M Panggabean MM mengatakan, bahwa show seperti ini amat perlu sering-sering digelar. Apalagi, menurutnya, sejak Kawasan Danau Toba ditetapkan pemerintah sebagai satu otorita untuk pengembangan pariwisata.

            “Mau tak mau masyarakatnya juga harus berperan aktif dan memberi hiburan yang menarik untuk menghibur para turis yang datang ke kawasan Danau Toba. Show yang sedianya gelar ini juga bagian untuk menunjukkan bahwa sejak dulu pun masyarakat Batak tak pernah kekurangan talenta-talenta di jagat tarik suara,” ujarnya.

            Atas dasar itulah show ini akan digelar, pada Sabtu, 10 September 2016 bertempat di Hotel Danau Toba, Medan. Mulai pukul 18.00 WIB-hingga selesai. Dan, diharapkan show seperti ini tak saja melepas rindu para pecinta lagu Batak lewat hadirnya Trio Lasidos, tetapi lebih dari itu membawa angin segar bagi blantika musik Batak.

            Selain show ini juga, di "hari H", akan dilaunching dua album sekaligus masing-masing kalaborasi antara Clara Panggabean bersama Trio Lasidos, di antaranya album rohani (berbahasa Indonesia) dan album Batak.

            Alih-alih, show seperti ini amat jarang terjadi. Maka bisa dibayangkan bagaimana Trio Lasidos jika dipasangkan dengan penyanyi muda berbakat. Sudah tentu pasti berbeda dan diharapkan tak hanya sekali ini saja. Jika sukses show sejenis akan terus digelar. Dampaknya juga mengangkat musik Batak untuk terus berdentam di blantika musik Indonesia. Diharapkan dengan show ini bisa berpartisipasi, terlibat langsung dalam mengeksiskan musik Batak.

            Bagi masyarakat yang ingin info selengkapnya soal show, bisa datang ke sekretariat panitia, di Jakarta: Gedung MT Haryono Square Lantai 3 No 5 Jalan MT Haryono Kav 10, Jakarta Timur (021) 9067247 atau kontak person Hotman J Lumbangaol (081316518619). Sekretariat Medan: Jalan Ambai No 72, Sidorejo Hilir, Medan Tembung, Medan, Sumatera Utara atau kontak person Ucok Siregar (082361608884). (GOH)

TeksFoto:
Dari kiri: Hilman Padang, Clara Panggabean, Bunthora Situmorang, Jack Marpaung, Andolin Sibuea, dan Jhon SE Panggabean. CENTRAL | IST

editor : raymond simbolon
Share it:

Central daerah

NEWS

Post A Comment:

0 comments:

Babinsa dan PPL Dampingi PokTani Makmur Tanam Padi Menggunakan Transplanter

JEMBER-hariancentral.com: Tugas Pendampingan Babinsa bersama PPL merupakan bagian dari Upaya Khusus (Upsus) Program Ketahanan Panga...